Mobil-Mobil Baru Yang Bakal Masuk ke Indonesia Dari India

0
mobil baru
Suzuki Future S Concept di Auto Expo 2018 (foto/AutocarIndia)

ROCKOMOTIF, Jakarta – India tak ubahnya seperti Indonesia, dari sisi pengguna kendaraan bermotornya ya. Mobil-mobil yang ada di Indonesia pun banyak yang made in India, begitu juga mobil di India ada yang made in Indonesia.

Nah, sekarang ini di India sana sedang ada pameran otomotif Delhi Auto Expo 2018. Ada banyak mobil-mobil dan motor baru dan juga kendaraan konsep, mulai dari kendaraan listrik juga sportscar.

Berdasarkan penelusuran ROCKOMOTIF, ada beberapa model yang kayanya bakal masuk juga nih ke Indonesia. Jadi kita mau kasih tahu kira-kira bocoran mobil atau motor baru apa lagi yang akan mencicipi aspal Indonesia.

Baca Juga: Strategi Lomba Irit Mobilio Berhasil, Sekarang BR-V Yang Tiarap

Suzuki Swift baru di Auto Expo (foto/AutocarIndia)

Suzuki Swift

Di India, Suzuki identik dengan nama Maruti. Produk terbarunya adalah Suzuki Swift ini. Kabar dari Suzuki Indonesia memang ada rencana untuk membawa Swift ini ke Tanah Air.

Swift generasi ketiga ini memiliki tampilan yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Sudah menggendong platform baru Heartech yang berarti mobil ini lebih ringan 40 kg dan lebih besar (40 mm lebih lebar dan 20 mm lebih panjang dan 24 mm lebih tinggi) dari sebelumnya.

Swift di India dibekali dengan beberapa pilihan mesin, di antaranya mesin lama bensin 1.2 liter dengan tenaga 83 hp dan torsi 113 Nm. Lalu ada mesin diesel 1.3 liter yang bertenaga 75 hp dan torsi 190 Nm. Transmisinya ada manual 5-speed dan AMT sebagai opsi.

Kalau nanti masuk ke sini, pasti cuma ada pilihan mesin bensin. Nah sekarang tinggal pilih mana, mau Siwft atau Ignis. Karena dari sisi mesin sama, hanya desainnya saja yang berbeda.

Toyota Vios atau Yaris Sedan di Auto Expo (foto/AutocarIndia)

Toyota Yaris Sedan (Vios)

India sudah mendapatkan Toyota Yaris sedan baru, kalau di Indonesia dikenalnya sebagai Toyota Vios. Toyota Yaris sedan ini diproduksi di India dan kan mulai dijual pada bulan Mei mendatang. Akan masuk ke Indonesia perkiraan kami di ajang IIMS Aprl mendatang.

Tampilannya lebih segar dari Vios sebelumnya, terlihat lebih ke arah Corolla Altis. Lihat saja bumpernya dengan sentuhan plastik hitam yang membentang. Di bagian dalam sudah dibekali dengan AC digital, dan uniknya sekarang di baris kedua juga ada sirkulasi AC di bagian atap yang membuat penumpang belakang jadi lebih nyaman.

Mesinnya masih sama 1.5 liter dual VVT-i yang bertenaga 108 hp, hanya saja sekarang transmisi otomatisnya sudah CVT. Transmisi manual 6-speed masih tersedia. Kalau masuk Indonesia, sudah pasti bakal menantang Honda City nih. Sama jadi taksi lagi deh.

Sedan mungil Honda Amaze di Auto Expo (foto/AutocarIndia)

Honda Amaze

Ini adalah mobil sedan kompak dari Honda. Tampaknya mobil kecil ini cocok untuk kondisi pasar India. Untuk masuk ke Indonesia tampaknya akan sulit mengingat pajak sedan masih mahal.

Tapi Honda ngga hilang akal, si sedan kecil ini bakal bisa jadi SUV. Mungkin nanti SUV itu yang bakal masuk ke Indonesia. Tapi ya kapannya ngga tahu juga.

Honda Amaze ini punya dua pilihan mesin, bensin 1.2 liter bertenaga 88 hp dan 1.5 liter diesel bertenaga 100 hp. Memang di India mesin diesel masih jadi favorit. Transmisinya mnual 5-speed dan ada juga CVT.

Kira-kira dari tiga mobil ini yang mana yang akan ‘booming’? Kalau yang nanti dipakai jadi taksi jangan masuk hitungan ya. Udah pasti banyak kalau itu mah. Kira-kira Swift baru bisa sukses ngga? Yang bikin penasaran harganya bakal mirip sama Ignis apa ngga yah.

LEAVE A REPLY