Mesin Baru Suzuki Ertiga Lebih Bertenaga Tapi Malah Lebih Irit, Kok Bisa?

0
Suzuki ertiga lebih bertenaga
Suzuki Ertiga baru tetap jadi mobil keluarga

ROCKOMOTIF, Jakarta – Suzuki Ertiga generasi kedua ini sudah resmi meluncur di Indonesia. Meski PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum mengumumkan harga resminya, tapi animo konsumen sudah cukup antusias.

Sampai tanggal 25 April kemarin, Suzuki Ertiga baru ini sudah terpesan hampir 500 unit. Salah satu kelebihan Suzuki Ertiga terbaru ini ada pada mesinnya yang lebih bertenaga. Mesin lama K14B diganti dengan yang lebih bertenaga mesin K15B.

Mesin ini memang bukan mesin baru, melainkan pengembangan dari mesin lama. Menurut SIS mesin K15B ini hanya mendapat peningkatan tenaga yang lebih besar.

Dari mesin lama yang berkapasitas mesin 1,4 liter menjadi 1,5 liter. Tenaganya pun meningkat jadi 104,8 PS dan torsi 138 Nm. Tarikan awal pun jadi lebih nikmat, meskipun hanya menguji di area test drive yang terbatas.

Baca Juga: Review Performa Dan Handling Suzuki Ertiga Baru, Boleh Diadu Sama Xpander

“Mesin baru ini hanya pengembangan dari mesin yang lama, ubahannya ada di piston dan crankshaft yang baru,” ujar Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS di IIMS, Jumat (27/4).

Mesin baru Ertiga K15B ini diklaim lebih irit dan lebih bertenaga dari sebelumnya

Lebih Irit 3,3 Persen

Meskipun mesin baru lebih bertenaga, biasanya imbasnya akan lebih boros. Tapi tidak pada Ertiga baru ini. Suzuki mengklaim jika Ertiga terbaru malah justru lebih irit dari yang lama.

Padahal secara dimensi juga lebih besar, tapi menurut Harold Donnel selaku Head of Brand Development & Marketing Research PT SIS mengatakan jika Ertiga baru dengan platform Heartech baru ini membuat bobotnya turun hingga 50 kg.

Hasilnya, berdasarkan uji coba oleh BT2MP hasil konsumsi bahan bakar all new Ertiga ini sebesar 16,73 km/liter untuk transmisi otomatis. Dan 18,09 km/liter untuk transmisi manual.

“Konsumsi bahan bakar Ertiga baru ini lebih irit 3,3 persen. Karena secara teori setiap pengurangan bobot mobil sebanyak 100 kg, efisiensi BBM akan meningkat 5-6 persen. Inilah alasan tingkat konsumsi BBM All-New Ertiga lebih irit 3,3 persen dibandingkan generasi lamanya,” ujarnya di tempat yang sama.

Komponen Masih Bisa Pakai Punya Ertiga Lama

Untuk urusan spare part juga Suzuki mengatakan bahwa ada lebih dari 1.000 suku cadang yang masih sama dengan Ertiga lama.

“Di Ertiga itu ada kurang lebih 2.118 parts. Nah, lebih dari setengah spare part Ertiga lama masih bisa dipakai di Ertiga baru. Hanya sekitar 1.000 part yang baru,” tukas Yulius lebih lanjut.

Hebatnya, dari ribuan parts ini, 84 persen diantaranya dipasok oleh vendor lokal.
Masih ada yang meragukan keiritan Ertiga baru? Silahkan dibuktikan sendiri ya.

LEAVE A REPLY