Aki Massiv Amal Lolos Uji Touring Sejauh 2.500 km

0

ROCKOMOTIF, Jakarta – Varian aki terbaru dari PT Wacana Prima Sentosa (WPS), Massiv Amal sukses melakukan pengujian sejauh ribuan kilometer. Tujuannya untuk mengetahui performa aki saat digunakan mobil yang dipakai road show.

Jalur yang dilalui variatif, mulai trek lurus dengan kondisi cuaca terik dan hujan. Kemudian, lintasan berkelok-kelok menanjak juga menurun, dan saat melintasi medan perbukitan bersuhu sejuk.

Perubahan suhu inilah sering mempengaruhi perfoma aki. Agar hasilnya akurat, aki Massiv Amal tipe NS40/12V dipasang di mobil Daihatsu Grandmax.

“Aki dari display diisi air aki, lalu di-charge hingga ampere dan tegangannya sesuai. Diukur alat khusus menunjukan tegangan 12,60 volt dan dengan Crank Cold Ampere (CCA) sekitar 365SAE. artinya kondisi aki masih sangat bagus,” ujar Muksin, Techinical Operational Fast Pancoran.

Pengujian dimulai dari Distributor aki Massiv Amal di Fast Pancoran, Jakarta Selatan menuju Sumedang, Jawa Barat. Data awal menunjukan angka voltase 12,64V dengan kondisi State of Charge (SOC) 100%. Lalu CCA-nya 364SAE dengan kondisi State of Healt (SOH) 100%.

Baca Juga: Sewa Mobil Atau Beli Mobil Bekas Buat Mudik? Ini Keuntungannya!

Mobil bergerak dari Jakarta menuju Sumedang, Garut dan kembali ke Bandung. Di Bandung, mobil melakukan cek point di distributor Aki Massiv wilayah Bandung. Hasilnya, Grandmax tanpa Audio dan hanya menambah perangkat peningkat voltase, masih menunjukan performa aki yang sangat baik.

Dari hasil pengukuran yang dibantu teknisi PT Grha Jabar Sejahtera Sentosa, di Bandung, menunjukan voltase 12,60 V dengan kondisi State of Charge (SOC) 100%. Lalu CCA-nya 410SAE dengan kondisi State of Healt (SOH) 100%.

Dari Bandung, tim lanjut ke Jawa Tengah melalui Cirebon, Brebes, Purwokerto dan berakhir di Kota Semarang. Menempuh jarak 745 km, jalur yang dilalui lebih dominan trek rata. Aki mobil di cek kondisinya di Distributor Aki Massiv untuk wilayah Semarang dan Jawa Tengah bagian Barat.

Dibantu koordinator tim Massiv Amal area Semarang, Agung Kurniawan, hasil pengecekan menunjukan data voltase 12,52V dengan kondisi State of Charge (SOC) 90%. Lalu CCA-nya 418SAE dengan kondisi State of Healt (SOH) 100%. Hal ini menunjukan hasil kalau aki masih dalam kondisi sangat baik.

Performa Massiv Amal tetap 100%

Dari kota Semarang, mobil melesat ke arah Solo, Wonosari dan Kutoarjo. Kemudian perjalanan tim melaksanakan misi Berbagi Berkah berakhir di Yogjakarta untuk lakukan pengecekan. Menempuh jarak 597 km, etape ini terbilang yang paling ganas treknya.

Dibantu Adri Eko Setiawan dari PT Graha Mataram Sejahtera Sentosa, Yogyakarta, pengecekan dilakukan seteleh mesin off sekitar 15 menit. Data menujukkan voltase 12,61V dengan kondisi State of Charge (SOC) 100%. Lalu CCA-nya 405SAE dengan kondisi State of Healt (SOH) 100%. Begitupun kondisi air aki yang tidak menunjukan tanda penurunan.

“Jika data diukur rata-rata dari semua perjalanan, maka dapat disimpulkan kalau kondisi aki Massiv Amal NS40/12V yang dipasang di mobil Grandmax masih dalam kondisi yang sangat baik,” imbuh Adri Eko.

LEAVE A REPLY