Mesin Common Rail Diesel Isuzu Sudah Siap Hadapi Euro 4

0
mesin diesel common rail isuzu
Mesin diesel common rail pada Isuzu GIGA ini sudah siap menghadapi Euro 4

ROCKOMOTIF, Jakarta – Era mesin dengan spesifikasi Euro 4 di Tanah Air semakin dekat. Meskipun terlambat jika dibandingkan negara-negara lain khususnya di ASEAN, tapi paling tidak Indonesia serius untuk memperbaiki kualitas udaranya.

Untuk itu, Isuzu di Indonesia juga mengaku sudah siap menghadapi spesifikasi Euro 4 ini. Dalam keterangan resminya, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sudah siap dengan produk terbarunya yaitu Isuzu GIGA.

Isuzu GIGA adalah medium truck pertama di Indonesia yang menggunakan mesin dengan technology heavy duty common rail. Nah mesin inilah yang sudah siap dengan bahan bakar berspesifikasi Euro 4 nantinya.

Meski bahan bakar diesel sendiri baru wajib diberlakukan Euro 4 pada tahun 2021 nanti, tapi IAMI mengaku sudah bersiap diri sedari dini.

Peraturan pemerintah mengenai EURO 4 di Indonesia akan mulai dilakukan tahun ini untuk kendaraan bebahan bakar bensin. Sedangkan untuk kendaraan diesel akan dilakukan pada tahun 2021.

Baca Juga: Isuzu Traga World Premiere Di Indonesia, Lebih Besar Dan Bertenaga Dari L300

Hal ini sudah disahkan melalui peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV.

“Isuzu sudah sangat siap dalam menghadapi regulasi pemerintah mengenai EURO 4. Karena kami sudah memiliki engine yang mendukung EURO 4 sejak tahun 2011, yaitu engine Common Rail,” ujar Ernando Demily selaku vice President Director PT IAMI.

Berikut Perubahan New Isuzu GIGA

Isuzu GIGA telah diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2011. Selama 7 tahun semenjak diluncurkan Isuzu GIGA mengalami kemajuan yang pesat.

Pada mesin New Isuzu GIGA ini sekarang lebih bertenaga dengan kemampuan mesin untuk kelas GIGA standard power (245PS) dan torsi 80Kg.m. Dari yang tadinya power & torsi masing-masing dari 240PS & 72Kg.m.

Kemudian rasio transmisinya dikembangkan terutama pada rasio gigi pertama. Tadinya hanya 6.615 meningkat menjadi 9.010 agar lebih bertenaga di medan tanjakan terjal.

Isuzu juga mengubah sistem rem dari yang sebelumnya AOH type menjadi Full air type. Hal ini menjadikan Isuzu GIGA lebih aman karena karakteristik Full air yang mengunci ban disaat terjadi kebocoran angin.

Dan untuk suspensi kabin kini menggunakan fluid dumping rubber menggantikan solid rubber type sehingga lebih nyaman dikendarai.

LEAVE A REPLY