Sewa Mobil Atau Beli Mobil Bekas Buat Mudik? Ini Keuntungannya!

0
beli mobil bekas untuk mudik
Mau beli mobil bekas atau sewa mobil untuk mudik Lebaran, semuanya bikin Anda bebas pilih kendaraannya

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tradisi pergi mudik ke kampung halaman akan selalu terjadi di Indonesia saat Lebaran tiba. Entah menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta api, kapal maupun bis.

Namun mereka yang menggunakan kendaraan pribadi juga tidak sedikit, bahkan selalu menjadi ritual yang membuat macet di sepanjang jalan antar kota antar propinsi. Tidak sedikit juga mereka yang membeli kendaraan baru hanya untuk gengsi ketika pulang ke kampung halaman.

Begitu juga dengan mereka yang membeli mobil bekas untuk mudik ini. Gengsinya tidak kalah dengan mereka yang beli mobil baru. Tapi keuntungannya lebih banyak ketimbang beli mobil baru.

Menurut Halomoan Fischer selaku Chief Operating Officer mobil88 tren peningkatan penjualan mobil bekas pasti meningkat saat jelang Lebaran. Biasanya peningkatannya mencapai 20 sampai 30 persen dari bulan biasa.

“Peningkatan itu pasti ada tiap tahunnya, dan biasanya terjadi di dua pekan jelang Lebaran,” ujar Fischer di acara Media Gathering pekan lalu di Jakarta.

Fischer juga mengutarakan jika membeli mobil bekas punya keuntungan lebih daripada beli mobil baru. Paling utama adalah prosesnya yang cepat.

“Proses membeli mobil bekas, untuk kredit kurang lebih sekitar tiga hingga empat hari kerja, tergantung kelengkapan dokumen. Sedangkan tunai langsung bisa dibawa pulang hari itu juga,” jelasnya.

Baca Juga: Mau Sewa Mobil Buat Mudik Terus Pulangnya Naik Pesawat? Bisa Nih!

Tapi kalau beli mobil baru mesti menunggu surat-surat dari Kepolisian yang biasanya memakan waktu bisa sampai satu bulan. “Apalagi kalau mau Lebaran seperti ini, pasti bisa lebih lama lagi prosesnya,” lanjut Fischer.

Sewa Mobil Juga Naik

Tidak hanya tren beli mobil bekas saja yang meningkat saat jelang Lebaran. Tapi juga di tempat sewa mobil atau rental mobil.

Seperti yang diutarakan oleh Agus Riyadi selaku Chief Operating Officer dari TRAC-Astra di tempat yang sama. Tren yang sewa mobil untuk mudik mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Pasalnya setiap tahun juga penduduk mengalami pertumbuhan.

“Memang masih belum sebanyak orang yang beli mobil, tapi trennya selalu meningkat tiap tahunnya,” ujar Agus.

Agus menambahkan jika sewa mobil untuk mudik punya banyak keuntungan ketimbang pakai mobil sendiri.

“Kalau sewa mobil kan kilometer mobil sendiri jadi tidak bertambah. Bayangkan saja dari Jakarta ke Solo atau ke Semarang jaraknya cukup jauh,” lanjutnya.

Selain itu juga kalau sewa mobil Anda bisa memilih jenis mobil yang digunakan. Menurut Agus, dengan menggunakan mobil sewa kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

“Jadi bukan hanya orang yang tidak punya kendaraan saja yang menyewa mobil, tapi juga yang sudah punya. Misalnya, kalau mobil di rumah sedan, kita bisa sewa MPV Innova atau Avanza buat muat sekeluarga,” tambah Agus.

Jadi Anda mau mudik pakai mobil baru atau lebih baik sewa mobil saja nih? Pikirkan dulu untung ruginya ya.

LEAVE A REPLY