Era Kendaraan Bensin Dengan Standar Euro 4 Dimulai Dari GIIAS 2018

0
giias 2018
Pameran GIIAS 2018 akan menjadi tempat dideklarasikannya kendaraan berstandar Euro 4

ROCKOMOTIF, Jakarta – Era baru bagi kendaraan bermotor di Indonesia tinggal menunggu waktu. Tapi ini bukanlah menyangkut kendaraan listrik ya, tapi lebih ke standar emisi Euro 4.

Pemerintah sudah menetapkan jika uji coba pemberlakuan bahan bakar berstandar emisi Euro 4 akan dilaksanakan saat perhelatan Asian Games bulan Agustus mendatang. Sementara penerapan untuk semua kendaraan bermotor berbahan bakar bensin akan dimulai pada 7 Oktober 2018 nanti.

Untuk itu, ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 akan menjadi tempat dideklarasikannya standar emisi Euro 4 ini.

Hal ini dikemukakan oleh Yohanes Nangoi selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di saat jumpa pers dengan media di Jakarta, Selasa (22/5). Menurut Nangoi, selaku pameran otomotif satu-satunya yang diakui oleh Gaikindo, ajang GIIAS ini harus menjadi yang pertama menyambut Euro 4.

“Ini akan sangat penting buat kita. Ini merupakan langkah besar untuk Indonesia karena melangkah dari Euro 2 ke Euro 4,” ungkap Nangoi saat ditemui wartawan di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Baca Juga: Jangan Harap Lihat Mercedes-Benz Lagi di Pameran GIIAS

Nangoi menambahkan jika Indonesia adalah salah satu dari tiga negara yang masih menggunakan standar emisi Euro 2. Selain Laos dan Myanmar.

Perhelatan GIIAS 2018 sendiri masih diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang Selatan, pada tanggal 2-12 Agustus 2018. Tanggal ini maju karena Gaikindo tidak ingin bersamaan dengan ajang Asian Games.

Mengusung Tema Beyond Mobility

Dengan mengusung tema “Beyond Mobility”, GIIAS 2018 disebut sebagai sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor. Dari alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Tahun ini Gaikindo mendorong anggotanya yang juga peserta GIIAS untuk menghadirkan teknologi otomotif masa depan untuk memberikan inspirasi pengunjung pameran. Ide-ide baru ini akan dihadirkan pada GIIAS 2018.

“GIIAS selalu menjadi ajang yang akan terus mendorong industri otomotif Indonesia untuk menghadirkan yang terbaik dari teknologi maupun produk mereka. Kali ini, GIIAS membuka tempat untuk mereka memberikan ide dan menginspirasi publik akan teknologi terbaru. Tak hanya tampilan, tapi juga akan ada demonstrasi,” tambah Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo yang sekaligus ketua penyelenggara GIIAS 2018.

LEAVE A REPLY