Nissan Terra Siap Hadir Di GIIAS, Akankah Fortuner Dan Pajero Sport Terusik?

0
nissan terra
Nissan Terra untuk pasar ASEAN akan diproduksi di Thailand

ROCKOMOTIF, Filipina – SUV berbasis kendaraan pickup Nissan sudah resmi meluncur untuk pasar ASEAN di Filipina pada Senin, 28/5/2018 kemarin. Nissan Terra ini akan pertama kali tersedia memang untuk pasar Filipina dengan setir kiri.

Nissan Terra, yang berasal dari bahasa Latin berarti ‘Bumi’, diperkenalkan di kawasan Asia Tenggara pada hari Senin di lokasi yang terletak di antara dua gunung merapi di Clark,
Filipina. Setelah peluncuran perdananya di Tiongkok pada bulan April, Filipina merupakan pasar kedua di dunia yang menghadirkan Nissan Terra.

Meskipun sudah bisa dipesan oleh konsumen Filipina, namun pengirimannya sendiri baru dijadwalkan pada bulan Agustus 2018 mendatang. Menyusul kemudian adalah Thailand dan Indonesia di tahun fiskal ini.

Lucunya mobil SUV dengan ladder frame ini diproduksi di pabrik Nissan di Thailand, tapi malah Filipina yang dapat unitnya duluan. Masalahnya SUV ini pertama kali dipasarkan untuk China yang juga setir kiri seperti Filipina.

Baca Juga: Nissan Terra Resmi Meluncur, Tenaganya Ungguli Pajero Sport dan Fortuner

Dengan jadwal pengiriman di Agustus, berarti Indonesia kemungkinan akan mendapat unit display Nissan Terra ini di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 ini. Jadi siap-siap nih yang sudah berharap datang pesaing Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

“New Nissan Terra dibuat berdasarkan pengalaman kami membuat SUV terbaik selama lebih dari 60 tahun, termasuk model-model iconic seperti Nissan Patrol,” tutur Ashwani Gupta, Senior Vice President for Nissan’s Light Commercial Vehicle Business.

Nissan Terra
Nissan Terra untuk pasar ASEAN sudah resmi meluncur di Filipina

Bisakah Mengusik Rivalnya?

Hadirnya Nissan Terra di segmen SUV bermesin diesel membuat rival di Indonesia tentu harus ambil sikap. Memang biasanya kalau dimintai komentar para petinggi APM hanya menjawab bagus untuk konsumen jadi banyak pilihan.

Tapi sebenarnya mereka juga harus mencari cari bagaimana agar jualannya tidak berkurang. Dari sekian banyak pemain di segmen ini hanya dua yang menonjol yaitu Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Keduanya setidaknya bisa mengantongi penjualan lebih dari 4 ribu unit sebulan. Keduanya pun saling susul menyusul masalah penjualan ini.

Lalu bagaimana peluang Terra untuk bisa bertahan di segmen ini. Karena SUV diesel ini tidak murah, harganya bisa mencapai Rp 500 jutaan.

“New Nissan Terra dibuat dari dan untuk Asia Tenggara. Hal ini membuktikan komitmen kami untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan di kawasan ini,” ujar Yutaka Sanada, Nissan’s Regional Senior Vice President untuk kawasan Asia dan Oseania.

Saat Nissan Terra masih CBU dari Thailand, dua rival utamanya ini sudah diproduksi di Indonesia. Pajero Sport jadi yang terakhir diproduksi di Tanah Air setelah Mitsubishi mendirikan pabrik barunya di Cikarang, Bekasi.

Senjata utama Nissan Terra ada di mesin diesel YD25 yang bertenaga 190 hp dan torsi 450 Nm. Tenaganya ini lebih besar dari Pajero Sport apalagi Fortuner.

Selain itu mobil ini dilengkapi fitur seperti Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, dan Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection.

Nissan juga mengklain jika Terra adalah SUV pertama dengan Smart Rear View Mirror. Fitur ini memberikan pandangan tak terhalang bagi pengemudi melalui kamera yang dipasang di belakang.

Untuk mendukung teknologi keselamatan, kendaraan ini dilengkapi dengan 4WD-DIFF lock system, Hill Start Assist dan Hill Descent Control.

Semua fitur ini memang untuk pasar Filipina, belum tahu apakah pasar Indonesia nantinya akan sama atau tidak. Tapi yang sudah-sudah juga banyak fitur yang disunat kalau untuk pasar Indonesia. Jadi jangan terlalu banyak berharap ya.

LEAVE A REPLY