Efektif Nanti Malam, Tarif Tol JORR Naik Jadi Rp 15 Ribu

0
tarif tol jorr
Tarif tol JORR akan mengalami kenaikan mulai nanti malam (12/6/2018) pukul 00.00 WIB

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sesuai dengan pengumuman dari pihak Jasa Marga, tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan mengalami integrasi transaksi mulai nanti malam, Rabu (20/6/2018) pukul 00.00 WIB. Ini artinya tarif tol JORR jarak jauh dan dekat akan memiliki tarif yang sama.

Tarif baru tol JORR ini menjadi Rp 15.000 untuk kendaraan golongan I dan Rp 22.500 untuk kendaraan golongan II dan III. Sementara golongan IV dan V menjadi Rp 30.000.

Kebijakan integrasi tarif tol JORR diatur dalam keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Surat Keputusan Nomor 382/KPTS/M/2018 tanggal 5 Juni 2018, tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor, tarif dan sistem pengumpulan tol secara integrasi pada Jalan Tol JORR.

Baca juga: Mau Mudik Lewat Tol Trans Jawa? Ini Kesiapan Dan Tarif Resminya

Adapun seksi yang diberlakukan integrasi pada Jalan Tol JORR efektif mulai 20 Juni 2018 pukul 00.00 WIB meliputi Seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang).

Kemudian Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan). Hingga Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami.

Tidak Lagi Bayar Dua Kali

Sebelumnya, pengguna jalan tol JORR ini diharuskan melakukan transaksi sebanyak dua kali. Tapi setelah terjadi integrasi pembayaran ini, pengguna jalan Tol JORR di atas dan Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami hanya melakukan satu kali transaksi saja.

Mekanisme dua kali transaksi tersebut dianggap menjadi biang penyebab kemacetan di gerbang tol utama. Seperti di Gerbang Tol Meruya Utama, Gerbang Tol Meruya Utama 1, Gerbang Tol Semper Utama dan Gerbang Tol Rorotan.

Baca juga: Banyak Jalan Tol Baru Untuk Mudik Lebaran 2018 Nanti

Mulai nanti malam pukul 00.00 WIB, pemberlakuan satu tarif ini diharapkan membantu kelancaran arus lalu lintas di Tol JORR. Sekaligus juga meringankan biaya logistik bagi angkutan truk yang biasa melintasi tol JORR secara penuh.

Dengan peraturan baru ini, Anda yang akan melewati ruas JORR, Akses Tanjung Priok, Ulujami-Pondok Aren pun dikenakan satu kali pembayaran. Tanpa memperhitungkan jarak yang ditempuh di tol itu apakah dekat atau jauh.

Jadi pastikan saldo uang elektronik Anda mencukupi ya!

LEAVE A REPLY