Jangan Harap Ada Generasi Baru Toyota Avanza Tahun Ini!

0
avanza sejuta umat
Banyak loyalis Avanza yang pindah ke Rush baru

ROCKOMOTIF, Jakarta – Popularitas Toyota Avanza kian tergerus oleh kompetitornya di Tanah Air. Sudah empat bulan terakhir ini penjualan mobil sejuta umat ini pun terus mengalami penurunan.

Ini berarti sudah saatnya Toyota Astra Motor (TAM) untuk menghadirkan generasi terbaru dari Avanza. Tapi saat dikonfirmasi, Fransiscus Soerjopranoto Executive General Manager PT TAM menolak untuk memberikan kepastian kapan hadirnya generasi baru Avanza.

“Toyota kiblatnya begini, sekarang kan market leader. Kalau market leader kan kita harus create sesuatu market yg baru, intinya seperti itu. Bukan hanya ngedandanin yang sudah ada, misalnya Avanza nih tadi pertanyaannya kan langsung cuma Avanza doang,” ujar pria yang akrab disapa Soerjo ini di Jakarta beberapa waktu lalu.

Soerjo menambahkan jika ditanya Avanza baru kapan, menurutnya tidak bisa seperti itu. “Kita petain total marketnya di Indonesia terus kita petain customernya ada di mana aja. Nah kepandaian kita itu adalah kita menempatkan produk kita di customer yang mana. Bukannya seperti tadi, oh ini Avanza udah ada di sini kita refresh ya. Engga seperti itu,” bebernya lagi.

Baca juga: Toyota Yaris Pukul Balik Honda Jazz, Fortuner Malah Dihajar Pajero Sport

Jadi kalau menurut Soerjo nantinya akan ada produk baru yang masuk dan mengisi market-market yang masih kosong. Berarti akan ada produk baru lagi nih dari Toyota di Indonesia.

Meski begitu, Soerjo juga tidak menampik kalau model baru Avanza tetap akan dihadirkan oleh TAM. Hanya saja kapan kepastiannya ia enggan untuk membeberkan lebih lanjut.

“Ya, lima tahun lagi lah,” ujarnya sembari tersenyum.

Konsumen Avanza Pindah Ke Rush

Mengingat konsumen Avanza yang sudah sangat banyak di Indonesia, Soerjo mengatakan banyak dari mereka yang tidak sabar untuk menunggu Avanza baru. Tapi ketika Toyota menghadirkan Rush baru, banyak juga loyalis Avanza yang pindah ke Rush ini.

“Saya jawabnya gini aja, pada saat kita launching Rush, sebagian customer kita itu sebenernya udah pindah sebenernya. Customer Avanza ke Rush,” ungkap Soerjo.

Toyota juga sudah melakukan survei terhadap konsumen Rush baru ini, dan hasilnya memang banyak yang datang dari loyalisnya Avanza. Memang wujud Rush baru sekarang ini sudah menyerupai MPV dengan ground clearance tinggi, jadi wajar banyak yang beralih ke Rush.

Baca juga: All New Ertiga Dan Avanza Tidak Bisa Kalahkan Pamor Xpander Di IIMS

“Kita udah pernah nih datang ke customernya kenapa nih beli Rush. Oh dia bilang, saya beli Rush itu karena sebenernya saya loyalisnya Avanza gitu. Tapi saya akan beli dulu Rush, begitu nanti Avanza baru keluar saya tuker mobil saya, karena saya loyalisnya Avanza,” jelas Soerjo.

Jadi dari hal itu yang membuat Toyota masih menahan lahirnya generasi baru Avanza, paling tidak sampai menunggu pemilihan Presiden baru di tahun 2019 mendatang.

“Ya, setelah Pilpres juga kan itu masih dalam jangka 5 tahun tadi,” tutup Soerjo.

LEAVE A REPLY