Mitsubishi Xpander Tersungkur Dari Posisi Puncak, Ini Sebabnya

0
mitsubishi xpander
Mitsubishi Xpander sedang diuji di pabrik Cikarang

ROCKOMOTIF, Jakarta – Selama 5 bulan terakhir, mobil sejuta umat Toyota Avanza harus mengakui tahta mobil terlaris kepada Mitsubishi Xpander. Tapi di bulan keenam, Avanza berhasil naik lagi ke puncak mobil sejuta umat.

Berdasarkan data penjualan wholesales dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Avanza di bulan Juni tercatat sebanyak 4.648 unit. Sementara Xpander hanya terkirim ke diler sebanyak 3.278 unit saja.

Padahal di bulan Mei, Xpander masih membungkam Avanza dengan mencatat penjualan 7.601 unit dibanding 6.477 milik Avanza. Keduanya mengalami penurunan yang cukup banyak di Juni karena memang terpotong libur Lebaran.

“Juni itu kan efektif waktu kerja hanya dua minggu karena libur Lebaran. Jadi pabrik pasti berkurang produksinya, dan kita juga tahan suplai ke diler karena tidak ingin terjadi penumpukan stok di diler,” ujar Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Rockomotif beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca juga: Jangan Harap Ada Generasi Baru Toyota Avanza Tahun Ini!

Pihak Mitsubishi pun senada, adanya libur Lebaran yang cukup lama membuat produksi di pabrik menjadi menyusut.

“Selain waktu kerja sedikit, juga adanya larangan truk melintas di jalan tol saat libur Lebaran. Jadi suplai kami ke diler juga terhambat,” jelas Irwan Kuncoro Direktur Marketing dan Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Semester Pertama Xpander Masih Unggul

Selain faktor libur Lebaran tadi, ada juga faktor lain yang mempengaruhi penjualan mobil sejuta umat ini. Seperti yang sudah diketahui jika Avanza ini sudah dijual sebagai armada taksi dengan nama Trnasmover. Nah di data Gaikindo ini, penjualan Transmover juga termasuk dalam total angka penjualan Avanza.

Sementara Mitsubishi tidak menjual Xpander ke perusahaan taksi. Ditambah lagi masih indennya Xpander yang pasti membuat konsumen beralih ke Avanza atau bahkan yang terbaru Suzuki All New Ertiga.

Baca juga: Sambut Setahun Kelahiran, Ada Xpander Baru di GIIAS 2018?

Sejak diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan April lalu, Suzuki Ertiga baru ini sudah mencapai penjualan yang cukup signifikan. Jika di Mei tercatat angka wholesales mencapai 4.449 unit, namun di Juni juga terjadi penurunan hanya 1.929 unit saja. Kendalanya pun sama seperti Toyota dan Mitsubishi.

Tapi jika ditotal selaam enam bulan pertama di tahun 2018 ini, Xpander masih berhasil unggul dari Avanza. Di semester pertama tahun ini, Xpander membukukan penjualan sebanyak 39.948 unit. Sementara Avanza hanya 39.455 unit saja. Tipis kan?

Menarik untuk disaksikan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bulan depan nih. Pasalnya Avanza baru dipastikan tidak akan lahir di sana, sementara Xpander akan menghadirkan varian barunya.

Kira-kira pertarungan di enam bulan berikutnya seperti apa ya? Apakah Xpander masih bisa menguasai tahta mobil sejuta umat? Mungkin bisa jika saja inden sudah tidak lagi terlalu lama.

LEAVE A REPLY