Inden Mitsubishi Xpander Masih Panjang, Harga Tetap Naik Per Agustus

2
inden xpander
Inden Xpander masih berkisar di 3 sampai 4 bulan, tapi harganya naik lagi

ROCKOMOTIF, Serang – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah menjawab mengenai berita kenaikan harga dari Mitsubishi Xpander. Bahkan MMKSI mengatakan jika selain Xpander, harga Pajero Sport juga akan naik per 1 Agustus 2018 mendatang.

“Kami memang sudah mengumumkan kepada diler bahwa mulai 1 Agustus itu ada kenaikan. Yang saat ini sudah kita umumkan adalah kenaikan untuk Pajero Sport sebesar Rp 5 juta dan Xpander itu Rp 2 juta,” ungkap Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI saat peresmian diler Mitsubishi di Serang, Selasa (17/8/2018).

Kenaikan ini tentu akan berdampak bagi calon konsumen yang akan membeli mobil baru, terutama Xpander yang masih menjadi fenomena baru di segmen low MPV.

Tapi Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing PT MMKSI kenaikan harga dua mobil andalan Mitsubishi ini tidak bisa dihindari. Alasan utamanya adalah melemahnya nilai tukar Rupiah yang sudah beberapa bulan ini terus menurun.

Baca juga: Kesuksesan Xpander Bikin Mitsubishi Buka Diler Baru Tiap Bulan

“Ya, kenaikan harga itu tidak bisa dihindari kalau kurs tidak baik, kemudian tingkat suku bunga juga harus kita antisipasi. Kenaikan (harga) di Pajero Sport dan Xpander karena memang masih ada beberapa komponen yang masih kita impor,” ujar Irwan di tempat yang sama.

Inden Masih Panjang

Sebenarnya masalah utama Xpander adalah masih panjangnya daftar inden konsumen. Saat ini menurut Imam daftar tunggu Xpander masih berkisar 3 sampai 4 bulan.

Bahkan menurut Daru Harti, Business Manager PT Setiakawan Menara Motor antrian Xpander di diler Serang masih sampai 6 bulan lamanya.

“Kita sudah ada 600-an SPK untuk Xpander ini, dan indennya mencapai 3 sampai 6 bulan, tergantung tipe.

Imam menjelaskan jika saat ini MMKSI masih berusaha untuk memenuhi permintaan Xpander di seluruh Indonesia. Kapasitas produksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang pun sudah ditingkatkan hingga maksimal 10 ribu unit per bulan.

Baca juga: Sudah Aktivasi Auto Lock Di Mitsubishi Xpander? Kenali Bahayanya

“Penjualan kita memang stabil di angka 7 ribuan per bulan. Hanya di Juni saja karena ada libur Lebaran itu turun hingga 40 persen. Tapi hal ini masih wajar dan merupakan siklus tahunan,” beber Irwan.

Sementara menurut Imam, inden Mitsubishi Xpander ini diharapkan akan bisa normal dalam satu hingga dua bulan ke depan.

“Kita usahakan bisa berkurang jadi satu hingga dua bulan (indennya). Tapi sekali lagi inden itu tergantung tipe, sekarang ini tipe Sport yang indennya cukup lama. Mudah-mudahan di Agustus atau September semuanya sudah bisa normal,” tutup Imam.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY