Honda Forza 250 Siap Hajar Yamaha Xmax, Sayang Harganya Kemahalan

0
honda forza 250
Honda Forza 250 dibanderol dengan harga sekitar Rp 70 jutaan

ROCKOMOTIF, Serpong – Honda Forza 250 resmi diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Skutik terbaru Honda ini menjadi senjata terbarunya di segmen skutik besar 250cc untuk menghajar kompetitornya.

Jelas siapa yang diincar oleh Honda di pasar skutik ini, yaitu Yamaha Xmax yang sama secara dimensi dan juga spesifikasi mesin. Selain itu juga Xmax sendiri sudah lebih dulu hadir di Tanah Air dan mendapat respon yang positif dari masyarakat.

Menurut Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya, kehadiran sepeda motor premium Honda di GIIAS 2018 ini merupakan bagian dari upaya perusahaan menemani gaya hidup kelas atas, yang mendambakan sepeda motor premium dengan teknologi dan mesin terbaik di kelasnya.

“Pada GIIAS 2018, kami ingin konsumen kami memiliki lebih banyak pilihan dalam menentukan partner berkendara yang sesuai dengan karakter, kebutuhan, serta gaya hidup mereka,” jelas Thomas.

Baca juga: Honda PCX Hybrid Sudah Lolos Uji Tipe, Apakah Ada Peminatnya?

Dari segi desain dan tampilannya, Honda Forza ini terlihat bisa melawan Yamaha Xmax. Tampilannya sudah selayaknya skutik modern ‘jaman now’ dengan banyak sudut tajam sehingga memberikan tampilan agresif.

Sayang seribu sayang, saat mengumumkan harganya cukup membuat terkejut. Di saat kompetitornya membanderol harga skutiknya di angka Rp 57,8 juta, AHM justru memberikan kisaran harga Rp 70 jutaan untuk Forza 250 ini.

Memang alasan utamanya adalah Honda Forza 250 ini masih CBU dari Thailand, sementara Yamaha sudah memproduksi Xmax di dalam negeri. Bahkan Xmax buatan Indonesia ini diekspor hingga ke Eropa.

Honda Forza 250 ini masih CBU dari Thailand

Fitur Canggih Melimpah

Secara spesifikasi bisa dibilang Honda Forza 250 ini cukup komplit untuk melawan Xmax. Desain mewahnya dilengkapi dengan lampu LED di semua titik pencahayaan. Mulai dari lampu depan, lampu belakang dan lampu yang terdapat pada cover spion.

Pertama di kelasnya, Honda Forza sudah memberikan fitur electrical adjustable windscreen sebagai pengatur ketinggian windshield. Ditambah ada fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi sepeda motor yang berfungsi mencegah terjadinya ban slip. Canggih kan?

Kombinasi digital panelmeter diberi aksen krom mewah di sisi spidometer dengan informasi lengkap. Seperti indikator HSTC, indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan dan RPM.

Baca juga: Suzuki GSX150 Bandit Lahir di GIIAS 2018, Maaf Belum Dijual

Tak lupa fitur canggih lain seperti Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Ada juga DC socket pada rak bagian depan.

Skutik besar ini juga telah dilengkapi fitur pendukung passing lamp dan lampu hazard untuk keadaan darurat. Ukuran bagasinya ekstra besar dapat menyimpan 2 helm dan barang bawaan lainnya.

Mesin Lebih Bertenaga

Dari sisi performa, Forza 250 mengusung mesin 250cc SOHC liquid cooled PGM FI dengan tenaga maksimum 23,2 hp/7500 rpm. Tenaga ini sedikit lebih besar dibanding Xmax yang hanya memiliki tenaga maksimum di 20 hp.

Dari sisi kaki, ban tubeless ukuran 120/70 dengan ring 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 M/C untuk ban belakang. Sementara itu, pada bagian pengereman, skutik besar ini dilengkapi cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel.

Sekarang tinggal kembali ke konsumen deh, mau pilih motor lokal dengan harga lebih murah atau impor CBU dengan fitur yang lebih canggih.

LEAVE A REPLY