Wuling SUV Siap Jegal Honda CR-V Tahun Depan, Ini Keunggulannya

0
wuling suv
Wuling SUV akan meluncur semester pertama tahun depan

ROCKOMOTIF, Serpong – Invasi mobil China masih terus berlanjut dan yang bakal meramaikan pasar adalah Wuling SUV. Produknya bisa dilihat di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, tapi belum dijual. Masih dipamerkan untuk tes pasar. Rencananya semester pertama tahun depan dirilis di Indonesia.

Wuling sudah membuktikan jika pabrikan asal China ini serius untuk menebarkan ancaman bagi pabrikan Jepang dengan MPV Confero dan Cortez. Tahun depan, Wuling berniat tambah amunisi dengan Wuling SUV.

Dari spesifikasi, fitur dan desain, Wuling SUV sangat menarik. Bahkan bisa menyaingi produk manufaktur Jepang. Yang paling bisa diadu ada Honda CR-V. Seperti apa perbandingannya?

Perbandingan dimensi, mungkin terlihat mirip-mirip dari luar. Tapi di atas kertas, Wuling SUV lebih panjang dan jangkung ketimbang CR-V.

Baca juga: Booth Wuling di GIIAS 2018 Bikin SPG Terbebas Dari Godaan Pengunjung

Tampilan WUling SUV ini begitu modern seperti bukan mobil China

Dimensi Wuling SUV, panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan 1.760 mm tinggi, serta jarak sumbu roda 2.750 mm. Sementara CR-V punya ukuran panjang bodi 4.584 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.679 mm, sedangkan jarak poros rodanya 2.660. Jelas CR-V juga kalah panjang jarak sumbu roda. Berarti, Wuling SUV punya kabin lebih lapang dan kestabilan lebih baik di jalan lurus.

Uniknya, meski kabin lebih lapang, Wuling SUV yang dipamerkan di GIIAS memakai konfigurasi 5-seater. Padahal CR-V yang sempit sudah 7-seater.

Kemungkinan saat nanti diluncurkan, Wuling Motors bakal menambah jumlah kursi. Jadi bisa lebih menarik minat orang Indonesia yang gemar mobil keluarga berkursi banyak.

Baca juga: Wuling E100, Mungil Tapi Punya Fitur Lengkap Layaknya Mobil Mewah

Nantinya jika dijual Wuling akan menggunakan mesin 1.5L turbo yang sama

Mesin Sama-Sama Turbo

Perbandingan lain, soal mesin. Keduanya memakai mesin 1.5 liter turbo dan transmisi CVT. Mesin Wuling SUV sudah katup variabel ganda DVVT dan menyemburkan daya 147 hp pada 5.500 rpm serta torsi 230 Nm, tersedia pada 2.000 – 3.800 rpm.

Sedangkan CR-V tenaganya sampai 187 hp pada putaran 5.600 rpm dan torsi maksimal 240 Nm pada 2.000 – 5.000 rpm. Total, CR-V masih unggul di sektor performa mesin. Lagi, siapa tahu nanti saat diluncurkan Wuling Motors mengoprek mesin dan output yang dihasilkan meningkat.

Menyoal desain, rasanya tak ada komplain. Masih bisa disempurnakan khusus untuk pasar Indonesia. Tapi desain itu juga sudah langsung memikat banyak orang untuk mengeceknya.

Susunan lampu pada wajah mengikuti desain Xpander, Kia Sportage dan Hyundai All New Santa Fe. Di mana lampu paling atas adalah LED DRL barulah di bawahnya lampu depan utama.

Interior Wuling SUV mewah seperti mobil seharga Rp 500 jutaan

Fitur Lengkap 

Dari fitur Wuling SUV tak kalah lengkap dan mewah. Sudah ada Keyless entry, Start stop button, cruise control, sampai kontrol audio dari palang kemudi. Untuk layar hiburan 8 inci lengkap dengan navigasi, sensor parkir depan dan belakang.

Tersedia juga ISOFIX, kamera parkir mundur, tire pressure monitoring system, Dual SRS airbag ditambah side dan curtain serta traction control system. Bisa dibilang semua fitur yang ada di Cortez akan ada juga di SUV baru ini nantinya.

Wuling SUV juga memakai empat rem cakram yang didukung ABS+EBD+BA, rem parkir elektrik sunroof dan panoramic roof. Sementara Honda CR-V juga lengkap, hampir mirip dengan yang dibawa Wuling SUV.

Baca juga: Wuling Terus Mengancam Eksistensi Jepang, Ini Buktinya!

Bahkan dinilai kalau Wuling SUV memang mengikuti arah yang dituju CR-V, makanya fiturnya juga mirip. Seperti yang sudah dilakukan oleh DFSK Glory 580.

Baris kedua terasa lapang dan mewah karena jok sudah berlapis kulit

Yang jadi perbedaan nyata, tentu dari harganya. CR-V Prestige sebagai yang punya fitur paling lengkap, sudah ada sunroof-nya, dibanderol Rp 511 juta. Sedangkan Wuling SUV memang belum diberi label harga lantaran belum dijual.

Tapi dipastikan harganya sangat kompetitif dibandigkan CR-V. Acuannya, produk lain dari Wuling dan DFSK Glory 580 yang diberi harga Rp 308 juta untuk varian paling mahal.

Kalau benar jadi meluncur tahun depan, dan harganya miring, CR-V bakal digoyang. Begitu juga dengan SUV lain di kelas yang sama, tak kecuali DFSK Glory 580 bakal terancam oleh Wuling SUV.

LEAVE A REPLY