Mitsubishi Fuso Umumkan Juara Student Skill Competition di GIIAS 2018

0
mitsubishi fuso
Mitsubishi Fuso umumkan pemenang kompetisi siswa SMK di GIIAS 2018

ROCKOMOTIF, Serpong – Tidak hanya memajang produk-produk andalannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Tapi Mitsubishi Fuso juga mengadakan kompetisi keahlian dari siswa SMK.

Inilah pertama kalinya PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengadakan kompetisi keahlian siswa SMK dengan nama “Fuso Student Skill Competition”. Sebelumnya KTB telah mengadakan bermacam program untuk SMK melalui “Fuso Vocational Education Program”.

Nah, kompetisi ini merupakan bagian dari program tersebut. Tujuannya untuk meningkatkan skill dan semangat untuk lebih memperdalam pengetahuan otomotif para siswa SMK.

Baca juga: Truk Fuso Spider di GIIAS 2018 Ini Punya Empat Tangan Canggih

Fuso Student Skill Competition ini diikuti oleh 550 orang siswa SMK dari 10 kota di Indonesia. Yaitu Medan, Palembang, Lampung, Bandung, Jakarta, Solo, Malang, Banjarmasin dan Makassar. Untuk 11 SMK ini, KTB telah mendonasikan unit Mitsubishi Fuso Colt Diesel pada tahun lalu dan dilanjutkan dengan pemberian training bagi siswa dan guru.

Tiga Tahap

Kompetisi ini terdiri dari 3 tahap. Tahap 1 dan 2 merupakan tes teori dan tes praktek yang diadakan pada tanggal 16 – 28 Juli 2018 di sekolah dan Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC) di Indonesia.

Pada tahap 3 terdiri dari tes teori dan tes praktek sebagai tahap final. Diadakan di KTB Training Center – Kantor Pusat KTB di Jakarta pada tanggal 7 Agustus 2018.

Materi yang diujikan pada tahap praktek ini yaitu basic electrical, engine component measurement, engine valve adjustment, brake adjustment dan bagaimana altenator, motor starters dan clutch bekerja.

Aspek penilaian meliputi keselamatan dan keterampilan dalam bekerja dan kebersihan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan masalah.

Berikut adalah tim pemenang kompetisi ini, juara pertama diraih oleh SMK Bhakti Bangsa – Banjarbaru. Untuk juara kedua direbut oleh SMK Negeri 1 Singosari – Malang, sedangkan di tempat ketiga SMK Mandiri – Medan.

Penghargaan kepada para pemenang kompetisi ini, diserahkan oleh Presiden Direktur KTB, Atsushi Kurita bertempat di booth Fuso Booth. Dalam sambutannya, beliau berharap semoga kompetisi ini menjadi penyemangat bagi para generasi muda. Khususnya para pelajar SMK untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga siap untuk memasuki dunia kerja.

KTB memiliki perhatian yang besar terhadap sektor pendidikan di Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab sosial. Semoga, melalui program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY