GIIAS Makassar Tanpa Toyota, Ada Apa?

0
giias makassar
GIIAS Makassar resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan

ROCKOMOTIF, Makassar – Ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) berlanjut ke kota Makassar. Setelah dihelat di ICE, BSD City pada awal Agustus kemarin, sekarang GIIAS berada di Makassar dari tanggal 21 sampai 26 Agustus 2018.

Kini, GIIAS Makassar berlokasi di Celebes Convention Center (CCC) Makassar yang terletak di Jl. Metro Tj. Bunga, Panambungan, Makassar. Pemilihan Celebes Convention Center sebagai tempat pelaksanaan GIIAS Makassar tahun ini dikarenakan tempat lebih luas, sehingga memungkinkan penyelenggaraan acara yang lebih semarak.

GIIAS Makassar Auto Show 2018 resmi dibuka oleh Bapak Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono dan diikuti oleh lebih dari 30 exhibitor. Mencakup di dalamnya merek kendaraan dan sepeda motor tenama dari Agen Pemegang Merek (APM), yang terdiri dari 10 brand passenger car, 2 brand commercial vehicle, 2 brand motorcycle, dan lebih dari 17 industri pendukung otomotif.

Baca juga: Mobil Seharga Miliaran Ini Sudah Terjual Ratusan Unit di GIIAS 2018

Rizwan Alamsjah selaku Ketua III Gaikindo mengatakan jika Sulawesi Selatan merupakan pasar penting bagi industri otomotif di Indonesia bagian Timur. Bahkan dibandingkan tahun lalu, terjadi peningkatan sebesar 71,4 persen.

“Penjualan mobil di Sulawesi Selatan naik 71,4 persen dari tahun lalu. Total penjualan mobil secara nasional sampai bulan Juni mencapai 660 ribu unit, naik 5 persen dari tahun lalu. Sulawesi porsinya 4 persen dari nasional, dan Sulawesi Selatan berkontribusi 2,9 persen,” ujar Rizwan saat pembukaan di Celebes Cenvention Center, Selasa (21/8/2018).

Toyota lebih memilih pameran sendiri di mal Phinisi Point

Toyota Memilih Menyendiri

Dari semua peserta itu, sayangnya tidak tampak sang pemimpin pasar mobil di Indonesia yaitu Toyota. Di saat booth APM lain megah dan besar, Toyota lebih memilih hanya diwakili oleh Kalla Toyota dengan layanan mobile service mereka.

Anehnya lagi, Toyota lebih memilih melakukan pameran di mall yang letaknya bersebelahan dengan Celebes Convention Center ini. Ya, di mall Phinisi Point ini Toyota memajang berbagai line up kendaraannya. Ditambah dengan area test drive sendiri yang luas di parkiran luar mall ini.

Padahal dari pandangan mata, mall ini tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Bahkan tempat yang dipakai oleh Toyota merupakan tempat di mana seharusnya diisi oleh tenant mall.

Baca juga: Meski GIIAS Sepi Pengunjung, Xpander Tetap Laris Manis

Menurut seorang tenaga penjual Toyota, memang sudah keputusan dari manajemen untuk pameran sendiri di mall. “Kita sih maunya ikutan di GIIAS, tapi keputusan manajemen lebih memilih di sini (mall Phinisi Point),” ungkap salesman tersebut.

Ada apa dengan Toyota dan Gaikindo? Kalau dari sisi Gaikindo sendiri mereka memang tidak mewajibkan pabrikan untuk selalu ikut GIIAS.

“Keputusan itu kita serahkan kepada masing-masing APM, tidak ada kewajiban dari Gaikindo,” ujar Kukuh Kumara Sekertaris Umum Gaikindo saat dijumpai di GIIAS Makassar ini.

LEAVE A REPLY