Mitsubishi Akan Beli Mesin Xpander ke Nissan Indonesia Mulai 2020

0
kelebihan Mitsubishi Xpander
Xpander saat diajak mendaki ke Gunung Merapi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Osamu Masuko, Chief Executive Mitsubishi Motors mengumumkan jika nantinya Mitsubishi akan membeli mesin Xpander ke Nissan Indonesia. Pasalnya mulai tahun fiskal 2020, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan memproduksi mesin Mitsubishi Xpander. Bahkan, investasi tambahan untuk itu langsung dilakukan oleh NMI, bukan Mitsubishi.

Hal ini juga tentunya dapat meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal Xpander dari 71% menjadi sekitar 80%. Tentunya ini juga dipercaya bisa memberikan dampak positif bagi banyak kalangan.

“Jadi kita akan membeli mesin Xpander kepada Nissan. Tetapi untuk suplai unit tetap dari kita,” ungkap Masuko di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (3//10/2018).

Baca juga: Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Terbaik Pilihan Wartawan Otomotif

Suplai Xpander ke Nissan, kata Masuko akan dilakukan tahun depan. Oleh sebab itu, kapasitas produksi pun akan ditingkatkan dari 115.000 unit per tahun menjadi 160.000 unit per tahun, termasuk untuk pasar ekspor.

Kapasitas Produksi Meningkat

Meski mesin Xpander nantinya akan diproduksi oleh Nissan Indonesia, tapi tetap untuk produksi unit dilakukan oleh Mitsubishi Indonesia. Untuk itu, kapasitas produksi tahunan di pabrik yang berada di Deltamas, Bekasi, Jawa Barat akan ditingkatkan.

Saat ini total kapasitas produksi di pabrik Mitsubishi mencapai 160.000 unit per tahun, dan akan ditingkatkan menjadi 220.000 unit pada tahun fiskal 2020.

Pengembangan ini merupakan hasil dari investasi sekitar 4 miliar Yen. Dan akan memberikan tambahan lapangan kerja bagi 800 orang di pabrik Bekasi untuk melengkapi total karyawan mencapai 4.100 orang.

“Mengenai akan suplai berapa unit ke Nissan, kami belum tahu karena tergantung dari permintaan Nissan nantinya ingin seberapa banyak,” tutur Masuko.

LEAVE A REPLY