Toyota Sigap Ikut Bantu Pemulihan Bencana di Palu

0
Toyota tak henti salurkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tak hanya sigap menyalurkan bantuan tanggap darurat di awal terjadinya bencana gempa dan tsunami 28 September di Sulawesi Tengah, Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menyiapkan bantuan untuk pemulihan bagi masyarakat Kota Palu dan sekitarnya yang terkena dampak.

Melalui bantuan tanggap darurat, TAM yang sebelumnya bekerjasama dengan dealer di Kota Palu telah membangun tenda besar. Lokasinya di halaman dua dealer Toyota guna menampung pengungsi dan sekaligus menyalurkan kebutuhan makanan, air bersih dan tenaga dokter dan perawat untuk mereka. Dan kini Toyota telah mulai masuk ke program pemulihan pasca bencana.

“Sebagai wujud empati, sejak awal kami sudah menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa kebutuhan dasar seperti makanan, minuman dan layanan kesehatan untuk mengurangi beban berat masyarakat yang terkena dampak bencana. Tahap berikutnya, kami segera menyiapkan bantuan untuk pemulihan,” kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM.

Diawali dengan bantuan cepat, TAM telah melakukan tiga kali pengiriman bantuan tanggap darurat berupa makanan, seperti mie instant, susu, air bersih, kebutuhan untuk tidur seperti tenda dan juga selimut pada 10 Oktober lalu. Begitu juga puluhan tenaga medis telah disiagakan.

TAM juga memberikan bantuan perbaikan kendaraan untuk menjaga kelancaran mobilitas pengiriman bantuan ke berbagai lokasi pengungsian maupun masyarakat pada umumnya. Bekerjasama dengan dealer, TAM mengerahkan tenaga-tenaga terampil untuk membantu masyarakat  yang membutukan layanan perbaikan.

“Sebagai pelaku industri otomotif, kami berkewajiban memastikan kendaraan-kendaraan khususnya milik pengguna Toyota agar dapat digunakan secara optimal membantu proses evakuasi. Saat ini dealer sudah mulai beroperasi. Meski masih terbatas, diharapkan akan membantu proses tersebut,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM.

Sejalan dengan semakin pulihnya kegiatan masyarakat di kawasan yang terkena bencana,  lanjut Soerjopranoto, ke depan bantuan TAM bersama dealer akan masuk ke tahap membantu program recovery atau pemulihan. Saat ini detail untuk kegiatan tersebut masih didiskusikan  dengan dealer setempat untuk menentukan aktivitas yang tepat guna.

Nilai Bantuan

Dana yang telah disiapkan untuk bantuan logistik mencapai Rp 2,7 miliar. Selain TAM, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan sejumlah perusahaan pemasok Toyota juga telah menyiapkan dana bantuan.

Secara keseluruhan, dana yang berhasil digalang Group Toyota Indonesia (termasuk TAM) sudah mencapai Rp 6,5 miliar. Selain disalurkan langsung, dana bantuan tersebut juga disalurkan melalui lembaga seperti PMI. Sementara itu, Toyota Motor Corporation (TMC) melalui organisasi palang merah Jepang turut mendonasikan 10 Juta Yen atau sekitar Rp 1,3 miliar untuk korban gempa yang terjadi di Sulteng.

LEAVE A REPLY