Mesin Common Rail Isuzu Aman Tenggak Solar B20, Ini Syaratnya

0
mesin diesel
Mesin diesel Isuzu bisa mengkonsumsi solar B20

ROCKOMOTIF, Jakarta – Implementasi mandatory bahan bakar solar B20 di Indonesia sudah berlaku. Namun banyak dari pemilik kendaraan diesel masih belum menyadari dampak apa yang ditimbulkan bagi kendaraannya.

Dari sisi teknis sebenarnya tidak ada masalah dengan penggunaan solar B20 bagi mobil-mobil diesel di Tanah Air. Hal ini pun diakui oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang hanya menjual kendaraan diesel di Indonesia.

Menurut Isuzu, semua mesin common rail Isuzu di Indonesia bisa menenggak bahan bakar solar B20, tanpa ada pengecekan dan perawatan spesial. Intinya IAMI mendukung penuh implementasi solar B20 ini di Indonesia.

Baca juga: Ini Masa Depan Bahan Bakar Solar di Indonesia

“Sebagian mesin Isuzu menggunakan mesin Common Rail yang siap menggunakan B-20 dalam menyongsong implementasi standart emisi EURO 4 pada tahun 2021. Tanpa perlu dimodifikasi atau penambahan alat apapun,” ujar Attias Asril selaku GM Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia dalam acara Diskusi Pintar “Roadmap Kebijakan Biodisel di Indonesia” di Jakarta, Selasa (27/11).

Attias juga menjelaskan di acara yang dilaksanakan oleh Forum Wartawan Otomotif ini bersama dengan Kementerian ESDM Perindustrian kalau mesin Isuzu pun sudah diuji selama 1000 jam dengan menggunakan solar B20. Dan hasilnya sangat memuaskan dan tidak ada masalah ketika pengujian tersebut berlangsung.

Periksa Secara Berkala

Meski begitu, IAMI tetap menganjurkan bagi pemilik mobil Isuzu di Indonesia untuk tetap melakukan pemeriksaan. Paling tidak jika sudah menggunakan solar B20, harus tetap melakukan perawatan berkala.

Adapun pengecekan yang dianjurkan sesuai dengan buku panduan pemilik kendaraan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

– Periksa ketinggian oli mesin dengan dipstick secara rutin sebelum memulai menghidupkan mesin
– Cek water sedimentor secara berkala
– Ganti filter solar secara berkala sesuai dengan buku panduan pemilik kendaraan
– Cek kondisi tangki bahan bakar, bersihkan dan lakukan penirisan tangki bahan bakar jika diperlukan

“B20 ini juga tidak mengugurkan warranty claim, sehingga customer tidak perlu takut karena Isuzu akan tetap memberikan pelayanan yang terbaik,” tutup Attias.

LEAVE A REPLY