Avanza Xenia Lama Sudah Berhenti Produksi, Ini Kata Daihatsu

0
Toyota Avanza tigre
Toyota Avanza yang dibikin a la crossover dan sudah dijual di Malaysia (foto/Paultan)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Belakangan ini marak beredar kabar jika duet mobil sejuta umat Avanza Xenia lama sudah berhenti diproduksi. Kabarnya lagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang memproduksi kedua mobil sejuta umat itu sudah memulai produksi untuk Avanza Xenia terbaru.

Pihak ADM pun memberikan klarifikasinya terkait dengan berita yang mengatakan jika Xenia dan Avanza lama sudah berhenti diproduksi. Menurut Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT ADM kabar ini tidak benar karena Daihatsu sampai saat ini masih memproduksi Xenia dan juga Avanza yang model terakhir.

“Jadi kalau ada berita yang bilang Xenia stop produksi itu kami bantah. Jadi Xenia sampai Desember 2018 nanti, masih ada produksinya. Termasuk juga untuk Avanza,” ujarnya kepada media di Jakarta, Sabtu (1/12).

Baca juga: Babak Final Kontes Modifikasi Daihatsu Dress-Up Challenge

Hendrayadi juga menambahkan jika sampai akhir tahun ADM masih produksi dan tetap menyuplai Xenia yang sekarang ini. Ia hanya menyebutkan jika jumlah produksinya yang dikurangi, tanpa membeberkan angka pastinya.

“Penjualan Xenia masih bagus sampai akhir Oktober kemarin. Untuk November juga ada kenaikan tapi kita belum tahu angka pastinya. Jadi kita tetap ada produksi Xenia sampai Desember ini,” jelas Hendrayadi lebih lanjut.

Hendrayadi hanya menjelaskan jika pengurangan jumlah produksi terkait dengan bulan Desember yang ada libur akhir tahun. Di mana efektivitas kerja hanya beberapa minggu saja yang tentu berpengaruh terhadap jumlah produksi.

Baca juga: Ini Yang Diharapkan Komunitas Dari Toyota Avanza Baru Nanti

Ketika disinggung soal tanda jadi untuk Xenia baru, Hendrayadi hanya tersenyum den mengelak untuk memberikan klarifikasi. “Tunggu saja tanggal mainnya,” ujarnya singkat.

Begitu pun ketika ROCKOMOTIF bertanya kepada Rudy Ardiman, Corporate Planning Division Head ADM tentang kabar Xenia baru. Jawabannya sama persis, “Tunggu tanggal mainnya, nanti kalau sudah resmi pasti kita undang kok teman-teman media.”

Jadi bisa dikira-kira kalau model terbaru atau facelift dari Xenia dan Avanza memang akan terjadi tahun depan. Hanya saja kepastian kapannya silahkan Anda cari tahu ke tenaga penjual yang pastinya akan memberikan bocoran.

Jika melihat data penjualan, saudara kembar Avanza ini hanya terjual sebanyak 25.728 unit pada periode Januari hingga Oktober 2018. Hasil ini menurun 12,7% jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Padahal tahun lalu penjualan Xenia mencapai 29.490 unit.

Meski begitu sampai saat ini Xenia masih menyumbang penjualan sebesar 16 persen dari total penjualan Daihatsu di Indonesia. Jadi hampir pasti ADM bakal meluncurkan Xenia baru di tahun depan bukan?

LEAVE A REPLY