Ketika Builder Indonesia Belajar Bisnis Motor Kustom ke Jerman

0
builer indonesia
Builder asal Indonesia belajar ke Jerman dengan mengunjungi Fred Kodlin Motorcycles

ROCKOMOTIF, Jerman – Para builder asal Indonesia yang berkunjung ke Custombike Show di kota Bad Salzuflen, Jerman tidak hanya menyaksikan pameran motor kustom di sana. Tapi mereka juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu builder senior di Jerman, Fred Kodlin Motorcycles.

Workshop Fred Kodlin Motorcycles ini berada di kawasan Hessen sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bad Salzuflen yang sudah didirikan sejak awal 1980-an.

“Perjalanan ke sini memberikan pengalaman dan kesempatan berharga bagi peserta karena bisa berdiskusi langsung dengan salah satu builder senior di Eropa. Sambutan yang diberikan sangat luar biasa dan mereka tampak antusias berbagi pengalaman dan berdiskusi mengenai dunia custom,” ujar Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Commiittee.

Rizky menambahkan menarik untuk melihat perjalanan Fred Kodlin yang membangun bisnis dari awal hingga kini menjadi sebuah perusahaan besar. Sehingga bisa menjadi pemacu bagi builder Indonesia untuk mulai mengembangkan bisnisnya sampai dengan ke luar negeri.

Baca juga: Motor Bobber Ini Sabet Gelar The Greatest Bike Suryanation Motorland 2018

Fred Kohlin Motorcycles awalnya didirikan dengan nama Chopperschmiede. Sang pendiri yaitu Fred Kodlin menceritakan asal mula ia membangun brandnya hingga akhirnya menjadi sebuah perusahaan.

Awalnya ia menjalani magang sebagai tukang ledeng pemanas dan pada tahun 1985 ia memperoleh sertifikat master craftsman sebagai ahli pandai besi dan mekanik roda dua.

Pada awal 1990-an, ia memulai peruntungannya dengan memperluas cakupan bisnisnya sampai ke Amerika Serikat. Perjuangannya membesarkan bisnisnya mulai membuahkan hasil antara tahun 1986 dan 1994. Di mana ia berhasil mengimpor sekitar 300 sepeda motor Harley-Davidson untuk mulai menjadi distributor di Jerman.

Melihat adanya peluang yang terus berkembang ia mulai membuat rangka sepeda motor di rumah pada tahun 1998. Pada tahun 1999 rangka yang mereka buat mendapat sertifikasi oleh Asosiasi Inspeksi Teknis setempat dan ini membuat perusahaannya terus berkembang.

Baca juga: Suryanation Motorland 2018 Berakhir di Surabaya Dengan Sukses

Fred yang kini mengesahkan brandnya menjadi Kodlin Motorcycles sudah membuat beberapa parts after market khusus custom. Antara lain Roda tanpa axl hub, rem visible, sistem transmisi, roller, part lain seperti kabel dan pulley. Dan juga proses optikal Desain Airbrush yang merupakan fitur desain andalan khas motor buatan Kodlin.

Saat ini ia juga sudah mulai membuat apparel Kodlin Motorcycles walaupun hanya baru sebatas membuat produk fashion seperti T Shirt, Kemeja Hoodie dan juga Jaket.

Di dalam area workshopnya, juga diajak untuk melihat langsung bagian dalam dari workshopnya yang sudah dilengkapi beberapa perangkat canggih. Mulai dari mesin CNC sampai dengan mesin khusus untuk melakukan dyno test.

Saat ini tim Suryanation Motorland sedang membuat sebuah proyek video Virtual Reality mengenai acara Custombike Show 2018.

“Salah satu bocoran untuk pelaksanaan Suryanation Motorland 2019 adalah pengerjaan proyek Virtual Reality ini. Rencananya video ini akan diputar saat event Suryanation Motorland 2019 di setiap kota. Dan akan membuat pengunjung seakan akan merasakan sensasi kompetisi di acara Custombike Show.” tutup Rizky.

LEAVE A REPLY