Mitsubishi Sebut Avanza Hanya Facelift, Bukan Lawan Sepadan Xpander

0
avanza baru
Toyota Avanza yang dimodif saat di ajang GIIAS 2018

ROCKOMOTIF, Bandung – Kabar beredarnya duet kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru sudah semakin santer. Banyak yang mengabarkan jika duet kembar pesaing Mitsubishi Xpander ini akan meluncur di tahun 2019 mendatang.

Meski masih belum dikonfirmasi kapan meluncur oleh pihak Toyota Astra Motor dan juga Astra Daihatsu Motor namun bagi kompetitor ini adalah pesaing terberat mereka.

Tapi ternyata tidak bagi Mitsubishi yang disampaikan oleh Naoya Nakamura selaku Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Bandung, (14/12). Menurut Nakamura begitu banyak media mengatakan kalau Avanza merupakan pesaing terbesar kami dan sejumlah perbandingan bakal berat.

“Saya tahu Avanza yang bakal meluncur nanti itu tidak sepenuhnya baru. Hanya facelift dengan sedikit ubahan. Jujur saja saya rasa tidak begitu,” ujarnya di hadapan media saat pembukaan Xpander Tons of Real Happiness di Bandung.

Baca juga: Avanza Xenia Lama Sudah Berhenti Produksi, Ini Kata Daihatsu

Nakamura menambahkan jika ia tidak berusaha mengiklankan produk Mitsubishi, tapi hal itu menurutnya dilihat dari sudut pandang konsumen yang juga berpikir seperti itu.

“Drivetrain Xpander jauh lebih baik dari Avanza, perlindungan dari suara bising dan fungsionalitas (fitur) interior juga jauh lebih baik. Jadi sangat berbeda segmennya,” jelasnya lagi.

“Sekali lagi, ini bukan saya mengiklankan Mitsubsihi, tapi dari saya pribadi menempatkan diri dalam posisi konsumen.”

Kabarnya nanti Toyota Avanza terbaru ini juga akan dilengkapi dengan fitur-fitur baru seperti tombol Start/Stop. Paling tidak disinyalir akan seperti fitur yang ada pada Toyota Rush generasi terakhir.

Namun lagi-lagi Nakamura menampik jika fitur seperti layak dibilang teknologi baru. “Tadi disebut soal tombol start stop di Avanza, tapi kami sudah punya itu. Jujur saja, itu bukan teknologi canggih terbaru. Meskipun mereka mengatakan, model kami ada peningkatan di sana sini, tapi kami sudah punya fitur itu di Xpander sekarang.”

Baca juga: Mitsubishi Ditantang Garuda Indonesia Suplai Lagi Xpander Untuk Gantikan Mobilio

Nakamura pun mengungkapkan jika MMKSI juga sudah menyiapkan strategi bagi Xpander guna menghadapi duet Avanza-Xenia baru nanti. Meski ia tidak menyebut lebih lanjut apakah ada varian baru atau penyematan fitur baru lagi di Xpander.

Berbicara fungsional baru pada Xpander, tentu saja kami punya rencana untuk melakukan peningkatan. Jadi kami masih pelajari dan bakal secara resmi diumumkan kalau itu sudah terealisasi. Untuk tujuan itu kami sudah berdiskusi serius dengan tim pengembangan dari Mitsubishi Motors,” tutupnya.

Mitsubishi Xpander sendiri sudah memperoleh market share sebesar 30 persen secara nasional. Dan sampai November 2018, MMKSI mengklaim sudah mendistribusikan sekitar 85.000 unit Xpander.

LEAVE A REPLY