Banyak Jalan Tol Baru Pertamina Tambah Stok BBM Di Jawa Tengah

0
pertamina
Pertamina Siapkan Layanan Extra di Jalur Tol

ROCKOMOTIF, Semarang – Libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata, ini berarti banyak orang pulang ke kampung halaman sekaligus berlibur. Artinya tambahan tugas bagi Pertamina untuk mengamankan stok BBM di daerah tujuan-tujuan wisata.

Seperti di wilayah Jawa Tengah dan juga DIY, di mana banyak wilayah yang menjadi tujuan liburan masyarakat Ibukota. Untuk itu, PT. Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY telah membetuk satgas Natal dan Tahun Baru 2019. Tugas Satgas ini dimulai pada 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Beberapa program yang telah dipersiapkan Pertamina untuk memperkuat ketahanan distribusi BBM dan LPG. Di antaranya adalah memperkuat stok BBM & LPG, mengamankan supply BBM & LPG di Terminal BBM dan Depot LPG Pertamina. Serta memperkuat layanan BBM & LPG di lembaga penyalur hingga memberikan layanan BBM dan LPG di tempat yang rawan dengan kepadatan.

Baca juga: Sediakan Charging Station di SPBU, Pertamina Siap Songsong Era Kendaraan Listrik

“Mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM dan LPG selama libur Natal dan Tahun Baru 2019, kami memperkuat Stok BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Untuk BBM jenis Gasoline di Jawa Tengah kami siagakan tambahan stock 11% dari rata-rata normal per hari 10.561 KL yang naik menjadi 11.754KL,” jelas Tengku Fernanda, General Manager Marketing Operation Region IV Pertamina.

Tengku menambahkan untuk konsumsi LPG di wilayah Jateng menyiagakan tambahan stock 10% menjadi 3,511 MT di banding rata-rata normal per hari yaitu 3,206 MT.

“Jenis BBM Avtur juga kami siagakan tambahan stock 7% dari rata-rata konsumsi normal yaitu dari 480 KL menjadi 514 KL. Untuk mengantisipasi padatnya penerbangan di bandara Jawa Tengah dan DIY selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2019,” tambahnya.

Hanya saja menurut Tengku untuk produk jenis Gasoil di wilayah Jateng diprediksi turun 5% dari rata-rata harian sebesar 6.059 KL menjadi 5.778 KL. Hal ini karena adanya pembatasan operasional angkutan barang dan penurunan kegiatan angkutan industri.

Baca juga: Ternyata Pertamina Sudah Jual BBM Berstandar Euro 4 di Indonesia

Di samping memastikan kesediaan suplai BBM & LPG aman. Pertamina MOR IV menjamin pelayanan terbaik pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2019 ini.

“Kami menyiapkan beberapa fasilitas alternatif tempat pengisian BBM agar masyarakat mudah mengisi BBM selama mudik dan berwisata. Yaitu dengan menempatkan 11 titik kiosk pertamax di ruas tol yang dilengkapi dengan mobile dispenser dan BBM Kemasan. Fasilitas ini akan disebar di beberapa jalur mudik regular, ruas tol serta di jalur wisata yang rawan dengan kepadatan,” ungkap Andar Titi Lestari, Unit Manager Communication & CSR MOR IV.

Sebagai contoh, untuk di wilayah ini Pertamina menyiapkan 32 SPBU Kantong dan 23 SPPBE Kantong di jalur pemudik regular (non tol) dan jalur wisata. Mobile Storage atau SPBU Kantong ini disiapkan guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki menuju titik lokasi SPBU.

Baca juga: Tol Trans Jawa Siap Beroperasi, Pertamina Siapkan Layanan SPBU

Andar menambahkan bahwa Persiapan SATGAS tahun ini menjadi tantangan baru bagi Pertamina MOR IV. Karena pada tahun ini akan ada beberapa ruas tol baru yang baru difungsikan di wilayah Jawa Tengah.

Sebagai informasi pada masa Natal dan Tahun Baru lalu wilayah Jawa Tengah belum memiliki ruas tol Solo – Kertosono. Pada tahun ini jalur tol operasional fungsional (Pemalang – Semarang sampai Ngawi) akan dioperasikan oleh Pemerintah.

Untuk memastikan konsumen mendapatkan kemudahan dalam memperoleh BBM dan LPG. Pertamina terus berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, BUJT serta Polda Jateng dan DIY dalam menentukan titik-titik lokasi fasilitas Kiosk dan SPBU Kantong.

LEAVE A REPLY