Mobil Bekas Di Bawah Rp 100 Juta Masih Paling Laku di Indonesia

0
harga mobil bekas
Harga mobil bekas di pusat lelang turun Rp 10 sampai Rp 15 juta

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sepanjang tahun 2018, berburu mobil bekas tampaknya masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Apalagi jika harga mobil bekas itu direntang antara Rp 80 juta sampai Rp 150 jutaan.

Hal ini disampaikan oleh Halomoan Fischer Lumbantoruan, Presiden Direktur mobil88 saat berjumpa dengan media di Jakarta, Selasa (18/12). Menurut Fischer penjualan mobil bekas memang naik dari tahun lalu, mengikuti penjualan mobil baru yang juga mengalami kenaikan meski sedikit.

Dari data penjualan mobil88 sendiri, sepanjang 2018 mengalami pertumbuhan lima persen jika dibandingkan tahun lalu. Selama periode Januari hingga awal Desember 2018 sudah menjual 21.000 unit.

“Tahun lalu itu sekitar 20 ribuan, sekarang sampai November 2018 kami bisa menjual sekitar 21 ribu unit,” ujarnya.

Baca juga: Toyota Avanza dan Honda Mobilio Berjaya Tapi di Mobil Bekas

Model multi purpose vehicle (MPV) yang mendominasi dengan 45 persen, mobil kota (city car) 27 persen, sport utility vehicle (SUV) 15 persen, dan sedan serta model lain berkontribusi 13 persen.

Hanya saja menurut Fischer data penjualan mobil bekas itu tidak terlalu akurat. Berbeda dengan mobil baru karena di mobil bekas tidak ada asosiasinya.

“Rasanya tahun ini bukan tahun mudah untuk mobil bekas. Tahun mudah itu gampang jualannya. Cuma kalau tahun ini malah rasanya turun. Tapi ada juga kok yang klaim naik. Tapi balik lagi beda mobil baru. Di sana kan ada asosiasinya, kalau mobil bekas kan nggak ada jadi cuma informal saja,” jelas Fischer.

Dari semua penjualan di mobil8, kendaraan paling laku menurut Fischer ada di rentang dari Rp 80 juta sampai 150 juta. “Itu pasar yang ramai. Bisa dari LCGC sampe Avanza tahun 2012, Xenia, dan lainnya.”

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas Akhir Pekan Ini, Ada Kejutan Dari Mobil88 Nih!

Fischer menambahkan jika kebanyakan juga pembelian secara kredit dengan tenor 3 sampai 4 tahun.

“Kalau untuk mobil di harga 80 sampai 150 juta memang sekitar 60 persen itu pembelian kredit. Tenornya bisa 3 sampai 4 tahun. Kalau mobil di atas itu baru banyakan yang cash,” ungkap Fischer.

Untuk mobil bekas di mobil88 sendiri paling lama umurnya sekitar 7 tahun. Jadi mulai dari tahun 2011 ke atas.

LEAVE A REPLY