Mitsubishi Recall Tiga Model Ini Terkait Masalah Airbag Inflator

0
recall pajero sport
Mitsubishi recall lagi Pajero Sport lansiran tahun 2009 - 2015 karena masalah pegas pintu bagasi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mitsubishi mengumumkan recall terhadap tiga model lawas dari Pajero Super Exceed, Delica, dan Lancer SEi di Indonesia. Menurut PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ketiga model ini memiliki masalah pada airbag inflator.

Untuk itu, MMKSI mengumumkan istilah kampanye perbaikan (field fix campaign) untuk tiga model Mitsubishi ini. Total sekitar 1.000 unit lebih yang memiliki masalah terkait airbag inflator ini.

No. Model Kendaraan Tahun Produksi Pergantian Part Total Unit Terlibat
Passenger Airbag Driver Airbag
1 Pajero Super Exceed 2008 – 2013 62 unit
2 Delica 2014 – 2016 996 unit
3 Lancer SEi 2006 – 2012 220 unit

 

Kampanye perbaikan ini diadakan karena ditemukan kemungkinan Body Inflator Airbag (komponen mekanis pengembang kantung udara) dapat pecah. Akibatnya  dapat menyebabkan terpentalnya material komponen tersebut yang berpotensi melukai pengemudi dan/atau penumpang depan ketika airbag mengembang saat terjadinya tabrakan frontal.  

Dalam hal ini diketahui penyebab Body Inflator Airbag memiliki potensi pecah dikarenakan oleh bahan kimia pengembang airbag. Yakni ammonium nitrate yang berubah dalam akumulasi jangka waktu yang lama sehingga rusak dibawah pengaruh perbedaan temperatur dan kelembaban.

Baca juga: Imbas Carry, Mitsubishi Terpaksa Recall Juga 5 Ribu Colt T120SS

Komponen Body Inflator Airbag yang baru sebagai pengganti dalam kampanye perbaikan ini telah dikembangkan tanpa penggunaan bahan kimia tersebut. Kegiatan recall ini memiliki estimasi pemeriksaan penggantian komponen dengan durasi tiga jam untuk model Pajero Super Exceed, dan dua jam untuk Delica dan Lancer SEi.

“Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan. Serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI dalam keterangan resminya (1/2).

Irwan menambahkan jika konsumen tidak perlu khawatir dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan penumpang Mitsubishi. Terbukti walaupun model kendaraan yang dimaksud sudah tidak lagi didistribusikan secara resmi oleh MMKSI, namun komitmen dan tanggung jawab merek terhadap konsumen tetap dilakukan.

Baca juga: Mitsubishi Sebut Avanza Hanya Facelift, Bukan Lawan Sepadan Xpander

MMKSI akan akan mengirimkan surat undangan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye ini tanpa dikenakan biaya apapun. Kampanye ini dimulai tanggal 1 Februari 2019 di seluruh diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia.

Konsumen dapat menghubungi diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan ini, sekaligus melakukan Service Booking untuk kemudahan dalam pengaturan waktu perbaikan mulai tanggal 1 Februari 2019.

“Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi kami dengan prosedur yang mudah dan kompensasi penggantian part terkait tanpa biaya”, tambah Irwan.

LEAVE A REPLY