Baru, Kabel AccentWire Negatif Bikin Mesin Lebih Sehat

0

ROCKOMOTIF, Jakarta – Seakan tidak ‘mempedulikan’ kontroversi diluar sana, Tekno Parts, produsen kabel Accent Wire malah terus berinovasi di garasinya yang terletak di Srengseng, Jakarta Barat. Indra Santoso, founder AccentWire, baru-baru ini mengeluarkan formula kabel terbarunya, yang dinamakann AccentWire Negatif.

Sesuai namanya, AccentWire Negatif ini berfungsi untuk meningkatkan arus negatif dari aki atau accu ke busi atau pengapian. “Kabel ini akan mempertepat sistem pengapian di ruang bakar dari sebelumnya yang tertahan. Bisa dibilang ini makanan bergizinya mesin, sehingga mesin lebih sehat. Jika sehat, mesin juga jadi optimal,” ujar Indra.

Pria berusia 38 tahun ini menambahkan, AccentWire Negatif disambungkan dari kutub negatif aki ke titik baut terdekat dari busi. Tujuannya jelas, agar ketika busi butuh arus negatif, akan langsung tersedia, sehingga api busi jadi lebih optimal.

Impresi AccentWire Negatif di Honda PCX 150 Lokal

Tak hanya sekedar menjelaskan, Indra Santoso meminta mekaniknya untuk memasang AccentWire Negatif seharga Rp 220 ribu ini pada motor PCX lokal milik redaksi. Kabelnya dihubungkan dari negatif aki ke baut cylinder head yang jaraknya berdekatan dengan busi.

Selesai dipasang dan kemudian berpamitan pulang, redaksi langsung putas gas menuju Serpong, Tangerang Selatan. Oh iya, sebelumnya redaksi juga telah memasang kabel AccentWire Performance Series yang dibeli seharga Rp 240 ribu. Kabel ini dipasangkan pada koil.

Impresi saat mulai berkendara adalah rpm menjadi lebih cepat naik dan tarikan menjadi lebih enteng. Torsi lebih padat dan akselerasi menjadi lebih responsif ini cukup terasa perbedaannya dibanding sebelumnya. Alhasil, redaksi pun harus menyesuaikan dan berdaptasi sebentar dengan perubahan menyenangkan ini.

Kabel Miliki Peranan Penting di Motor?

Lewat seutas kabel, AccentWire yang lahir setahun lalu langsung menjadi kontroversi di tanah air. Banyak yang menyangsikan kabel ini menjadikan pembakaran lebih sempurna dan motor lebih responsif.

Lalu apakah benar sebuah kabel bisa berpengaruh banyak terhadap arus kelistrikan?. Redaksi lantas ingat dulu sering meliput sistem audio mobil. Di dunia audio mobil, kabel memiliki pengaruh yang cukup besar. Terdapat berbagai macam bahan kabel untuk menghantar gelombang listrik dengan baik. Makin mahal, umumnya makin bagus kualitas kabelnya. Bahkan sampai ada kabel berlapis emas agar hasil output speaker menjadi lebih maksimal.

Contoh lebih sederhana lagi, redaksi pernah mengeluh siaran TV di rumah kurang jernih. Kemudian iseng-iseng buka website marketplace dan membeli kabel antena TV yang lebih mahal dari kabel sebelumnya. Hasilnya, ternyata gambar siaran TV menjadi lebih jelas dan jernih.

Logika ini lantas nyambung saat bincang-bincang dengan Indra Santoso, Founder AccentWire. Pria ramah ini ternyata merupakan penikmat audio yang mengagungkan suara berkualitas (Sound Quality) di dalam mobilnya. “Riset awal AccentWire adalah dari kabel audio mobil yang berkualitas tinggi,” tegas Indra.

Jadi jelas sudah bahwa kabel AccentWire bukanlah kabel biasa. Formula kabel yang dibuat Indra menjadikan aliran listrik menjadi lebih fokus, teratur, konstan dan stabil. Hasilnya membuat pembakaran di ruang bakar menjadi lebih tepat, cepat, dan sempurna.

Kesimpulan redaksi ini memang bersifat subyektif karena tidak menggunakan alat-alat seperti dyno test, dll. Namun jika Anda penasaran, kenapa tidak mencobanya langsung produk yang telah di ekspor ke berbagai negara ini?

 

LEAVE A REPLY