Begini Sensasinya Naik Wuling Confero S ACT

0
Confero s act
Mengetes rasa berkendara Confero bertransmisi otomatis

ROCKOMOTIF, Sentul – Wuling Confero kini tersedia dalam varian transmisi otomatis. Meski transmisi otomatis Confero S ACT ini sebenarnya adalah transmisi manual yang minus pedal kopling. Tapi rasa penasaran cukup menggelora seperti apa rasanya naik mobil matic rasa manual ini.

Wuling Confero S ACT ini pada dasarnya berbasis dari Confero S, hanya saja ada sedikit tambahan fitur-fitur. Misalnya kaca spion yang bisa melipat otomatis, jok pengemudi yang bisa disetel naik turun, sampai ke emergency stop signal. Sisanya fitur Confero S ACT ini sama seperti Confero S bertransmisi manual.

Yang menarik adalah seperti apa berkendara dengan transmisi ACT (automatic clutch transmission) 6-speed ini. Kalau Anda bingung, bayangkan saja Anda berkendara dengan transmisi manual. Tapi Anda tidak perlu menginjak kopling.

Jadi Confero S ACT ini sama seperti mobil manual dan juga sama seperti mobil matic. Bedanya dengan transmisi otomatis biasa, Anda tetap harus memindahkan tuas transmisi sesuai kebutuhan saat berkendara. Kalau mobil matic lain kan transmisinya yang berpikir kapan mobil harus pindah gigi sendiri.

Wuling Confero S ACT hadir dengan transmisi otomatis e-clutch
Baca juga: Wuling Confero Ini Berbeda Dari Confero Lain, Hanya Satu di Indonesia

“Dibandingkan transmisi manual, pertama pedal kopling sudah tidak ada. Ini juga menghilangkan resiko pedal koping menggantung, karena pedal gas tidak perlu diangkat saat perpindahan gigi,” jelas Taufik S. Arief selaku After Sales Director Wuling Motors.

Taufik juga menambahkan jika pedal kopling ini digantikan oleh control modul. “Pada dasarnya sama seperti mobil matic biasa. Saat berhenti tidak dinetral juga tidak apa-apa. Karena kan pasti menginjak rem,” jelasnya.

Pengaplikasiannya tergolong mudah, Anda cukup injak pedal rem saat memindahkan ke gigi satu untuk memulai perjalanan. Begitu putaran mesin sudah maksimal Anda harus mengoper ke gigi berikutnya. Jika tidak mesin mobil akan menggerung dan ada nada peringatan untuk mengingatkan Anda pindah gigi.

Begitu juga ketika gigi yang terpasang adalah gigi tinggi, Anda akan diingatkan untuk memindahkan ke gigi yang lebih rendah. Untuk perpindahannya sendiri, ketika tuas transmisi dioper maka secara otomatis gas akan berkurang untuk mengakomodir perpindahan gigi yang halus.

Untuk rasa berkendaranya kurang lebih sama seperti Confero S yang manual. Bedanya Anda tidak perlu menginjak pedal kopling terutama saat bermacet ria.

Transmisi e-clucth dari mobil keluarga ini tergolong memudahkan dan menjadi solusi bagi calon konsumen yang tertarik dengan Confero. Hanya saja untuk harga, Wuling Motors baru akan mengumumkannya di ajang Telkomsel IIMS 2019 hari Kamis (25/4) mendatang.

LEAVE A REPLY