Mudik Pakai Motor? Helm Wajib Full Face!

0
touring forwot 2018
Touring FORWOT kali ini dipenuhi dengan acara seru dan juga bermanfaat

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kebanyakan pemudik yang menggunakan sepeda motor, masih menganggap enteng perihal penggunaan helm terutama model full face. Banyak dari pemudik yang pakai motor ini masih menggunakan helm half face. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, baik pengendara maupun penumpang, memiliki resiko yang begitu besar ketika terjadi kecelakaan.

Untuk itu, bagi Anda yang mudik pakai motor seharusnya lebih aware terhadap keselamatan pribadi, dengan menggunakan helm full face. Bukan hanya untuk menghalau debu sepanjang jalan, tetapi juga helm full face, lebih memberikan keselamatan penuh kepada penggunanya.

“Yang sudah pasti harus helm full face. Kegunaan half face, kan diperuntukan untuk dalam kota dengan kecepatan dibawah 60 km/jam. Tapi untuk mudik luar kota dengan traffic yang berbeda dari dalam kota. Sehingga disarankan untuk baik pengendara atau penumpang harus pakai yang full face,” terang Richard, Executive Director RSV Helmet.

Menurutnya, kalau melihat dampak kecelakaan yang akan diterima, baik pengendara maupun penumpang, memang sama-sama terluka. Tetapi, demi keselamatan bersama, Richard, lebih menyarankan saat mudik pakai motor menggunakan helm full face.

Baca juga: RSV Helmet Promo Setengah Harga Jelang Mudik 2019

“Kalau melihat dampak kecelakaan, biasanya yang lebih parah yang penumpang. Karena biasanya pengendara lebih tahu motor jatuhnya mau ke mana. Tetapi yang penumpang tidak tahu, sehingga harus lebih safety. Disarankan untuk ke luar kota, untuk menggunakan full face meskipun tidak nyaman. Tetapi kan untuk keselamatan, lebih penting. Karena juga kan banyak bus serta kendaraan besar lainnya,” tambah Richard.

Bagi beberapa orang yang punya pengalaman tidak nyaman ketika menggunakan helm full face saat berkendara, harus dibiasakan terlebih dahulu. Bagaimanapun, Richard tetap mengedepankan keselataman, bukan gegayaan menggunakan helm full face.

“Persiapannya harusnya sebelum mudik, sudah dibiasakan untuk menggunakan helm full face, karena demi keselamatan. Ini untuk beberapa orang yang merasa tidak nyaman dengan helm full face, padahal keselamatan kan nomor satu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY