Pakai Aplikasi Navigasi Ini Buat Prediksi Macet Saat Mudik

0
macet saat mudik

ROCKOMOTIF, Jakarta – Masyarakat di Indonesia sudah berbondong-bondong bergerak ke kampung halamannya untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Bagi yang mudik menggunakan mobil, tentunya cara paling mudah adalah menggunakan aplikasi navigasi pada smartphone.

Salah satunya adalah Waze, yang memiliki lebih dari 4 juta pengguna aktif di Indonesia. Kalau Anda tidak ingin terkena macet saat mudik, ada baiknya Anda gunakan aplikasi navigasi yang satu ini. Karena aplikasi ini mengumpulkan data dari para penggunanya.

Waze sendiri sudah mengumpulkan data pengguna mobil dan motor yang mengalami peningkatan saat bulan Ramadhan ini. Berdasarkan data dari Waze, waktu bepergian para Wazer (pengguna Waze) telah meningkat hingga 44%. Dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya di mana orang biasanya menghabiskan 29 kilometer per hari, lalu lintas diprediksi meningkat hingga 98%, dengan peningkatan sekitar 25% dari waktu biasanya.

Jam sibuk biasanya berlangsung antara pukul 03.00 sore dan 08.00 malam di beberapa kota besar. Seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, Medan, Bandung, dan lainnya. Lalu lintas terpadat diprediksi muncul pada pukul 05.00 sore ketika orang mulai meninggalkan rumah atau kantor mereka.

Dengan harapan mereka bisa mempersingkat waktu perjalanan hingga ke tujuan atau sekedar hadir tepat waktu untuk berbuka puasa. Dengan demikian, waktu yang disarankan untuk bepergian selama Ramadan adalah sebelum pukul 12.00 siang atau setelah pukul 09.00 malam.

Sebagai tambahan, laporan ini juga menyatakan bahwa Waze mengalami peningkatan jumlah pengguna hingga 26% selama musim Ramadan.

Baca juga: Mudik Pakai Aplikasi Waze Bakal Ditemani Suara DJ Khaled

“Kebiasaan di sini adalah orang-orang akan bergegas pulang ke rumah atau ke tempat makan selama waktu sibuk. Supaya bisa hadir tepat waktu untuk berbuka puasa dengan keluarga dan teman. Mereka cenderung mencari rute alternatif menghindari kemacetan dan Waze adalah pilihan terbaik. Hal ini menjelaskan mengapa kami memiliki banyak Wazer baru selama Ramadan,” kata Marlin R. Siahaan, Waze Indonesia Country Manager.

Konsumsi bahan bakar meningkat akibat bertambahnya orang yang bepergian. Mendekati Hari Idul Fitri merupakan waktu tersibuk pom bensin yang disebabkan oleh budaya “mudik” di Indonesia, bahan bakar lebih banyak dibutuhkan untuk perjalanan jauh, banyak orang pulang kampung atau pergi liburan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, navigasi pada aplikasi Waze umumnya meningkat selama Idul Fitri, dimana orang-orang mengambil manfaat pergi “mudik” atau berkendara ke tujuan wisata,” Marlin menambahkan.

Pada tahun 2018, terjadi 87% navigasi di Medan, 62% di Semarang, 42% di Surabaya, 34% di Bandung, dan 20% di Jakarta. Angka tertinggi muncul di Medan diakibatkan oleh kurangnya infrastruktur transportasi umum di kota tersebut. Sebaliknya, kilometer berkendara tertinggi Wazer terjadi di Semarang (148%), diikuti Surabaya (95%), Bandung (53%), Medan (48%), dan Jakarta (25%). “ Hal ini terjadi karena orang diharuskan mengemudi lebih jauh dari segi jarak di Semarang,” ucap Marlin.

LEAVE A REPLY