Mayoritas Pemudik Ternyata Minati Jenis BBM Ini

0
pertamina bbm mudik
BBM Pertamina yang diminati pemudik adalah jenis BBM berkualitas

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sampai dengan H-6 arus mudik Lebaran, konsumsi BBM Pertamin mengalami peningkatan signifikan. Tidak sekedar meningkat, tapi berdasarkan pantauan di lapangan, pada periode ini para pemudik memilih untuk menggunakan BBM berkualitas Pertamina beroktan tinggi. Peningkatan tersebut terjadi pada BBM jenis Pertamax dan Pertamina Dex yang mengalami peningkatan tembus di atas 7% hingga 16%.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menegaskan bahwa tingginya kebutuhan pemudik pada BBM kualitas tertinggi merupakan fenomena menarik.

“Pada H-6 arus mudik peningkatan konsumsi yang signifikan terjadi pada BBM jenis Pertamax yang naik di atas 7%, Pertamax Turbo naik di atas 21% dan Pertamina Dex naik tembus di atas 16%,” ujarnya.

Fajriyah menambahkan bahwa dengan tren ini menunjukkan bahwa para pengendara semakin meyakini bahwa kenyamanan mudik mereka yang menempuh penjalanan jauh mensyaratkan kendaraan yang prima. Pertamax Turbo dengan Research Octane Number (RON) 98 dan Pertamax dengan RON 92 untuk kendaraan mesin bensin. Serta Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 untuk kendaraan mesin diesel akan menjamin pembakaran mesin kendaraan pemudik akan lebih sempurna dan maksimal.

Lebih lanjut Fajriyah menjelaskan bahwa penggunaan Pertamax series cocok untuk perjalanan jauh. Karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar (efisiensi), keawetan mesin, dan meningkatkan perfoma mesin serta ramah lingkungan.

Baca juga: Mudik Pakai Motor? Helm Wajib Full Face!

Menjawab peningkatan konsumsi BBM oktan tinggi ini, tambah Fajriyah, Pertamina telah menyiagakan layanan dan stok BBM di atas kondisi normal.

“Kami telah mengantisipasi peningkatan konsumsi ini dengan menyiagakan layanan baik di SPBU regular maupun layanan tambahan. Stok BBM kami pastikan berada di atas rata-rata normal,” tegasnya.

Fajriyah menambahkan stock bahan bakar berkualitas di SPBU maupun layanan tambahan Pertamina berada diatas rata-rata normal. “Stok bahan bakar kami sediakan di atas kebutuhan. Sebagai contoh stok Pertamax di layanan tambahan Kiosk Pertamina Siaga disediakan lebih dari 240 KL. Dengan realisasi penjualan Pertamax hingga hari ini di angka 207 KL”, jelasnya.

Baca juga: Simak 5 Hal Ini Agar Mudik Aman dan Nyaman

Dalam periode Satgas RAFI 2019, Pertamina menyiagakan lebih dari 6500 SPBU di seluruh Indonesia. Khusus untuk di jalur mudik, Pertamina meyiagakan lebih dari 800 SPBU, 26 mobile dispenser, 62 kiosk Pertamina Siaga, dan 200 motoris BBM kemasan. Begitu juga dengan adanya 115 kantong SPBU, dan 15 rumah Pertamina Siaga yang tersebar di jalur Pantura, tol Jawa, jalur selatan, dan tol Sumatera.

“Kami menghimbau kepada seluruh pengendara untuk mengisi full tank dulu di SPBU wilayah keberangkatan. Kemudian segera mengisi penuh lagi jika kondisi tangki sudah terpakai setengah” ujar Fajriyah.

LEAVE A REPLY