Dalam 5 Tahun Toyota Produksi Seperempat Juta Sedan di Indonesia

0
ekspor toyota
Toyota masih menangguk untuk dari ekspor mobil ke mancanegara

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tepat di tahun 2019 ini sudah 5 tahun PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi lokal sedan di Indonesia. Adapun model yang diproduksi yaitu Vios (sedan) dan juga Yaris (hatchback), setelah sebelumnya diimpor dari Thailand.

Produksi lokal Vios dan Yaris merupakan realisasi dari komitmen Toyota untuk memberikan sumbangsih bagi industri otomotif nasional melalui substitusi impor dan ekspansi ekspor. Hal ini sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor produk otomotif di kawasan Asia Pasifik.

Selama lima tahun berjalan (hingga April 2019), TMMIN telah memproduksi sedan Vios dan Yaris hatcback sebanyak lebih dari 257.200 unit baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

Sebanyak 94.750 unit atau 37% Vios dan Yaris telah diproduksi untuk memenuhi permintaan konsumen dalam negeri. Sedangkan sebanyak 162.530 unit atau 63% Vios dan Yaris telah dikapalkan ke 13 negara di kawasan ASEAN dan Timur Tengah.

Baca juga: Ekspor Toyota Berkurang Ribuan Unit Karena Ini

“Kegiatan produksi lokal model sedan tidak lain merupakan salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan impor kendaraan utuh (Complete Build Up/CBU). Sekaligus aktif berperan di pasar ekspor sehingga dapat memberi sumbangsih kepada terciptanya keseimbangan neraca perdagagan terutama di sektor otomotif. Hal ini juga membuktikan bahwa industri otomotif nasional memiliki daya saing yang tinggi. Dan dipercaya menjadi produsen salah satu model yang banyak diminati di pasar global,” tutur Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN.

Untuk memulai proyek produksi sedan lokal Vios/Yaris di tahun 2014 yang lalu, Toyota menggelontorkan investasi sebesar 2,5 triliun rupiah. Selain penanaman investasi, lokalisasi dan ekspor Vios/Yaris memberikan efek domino bagi rantai suplai industri otomotif Indonesia.

Sebanyak 63 pemasok lapis pertama terlibat dalam kegiatan produksi serta ekspor 2 model kendaraan ini. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Vios/Yaris kini telah mencapai 75%. Sayangnya penjualan mobil sedan sendiri terus menurun di Tanah Air, termasuk mobil sedan yang diproduksi oleh Toyota ini.

LEAVE A REPLY