Waspada Hal Ini Jika Anda Lupa Ganti Oli Mesin Mobil

0
ganti oli

ROCKOMOTIF, Jakarta – Usai melakukan tradisi mudik ke kampung halaman, pelumas mesin harus menjadi perhatian pemilik kendaraan. Jika ganti oli mesin terabaikan, waspadalah beberapa hal ini yang akan menghantui mobil Anda.

Sejatinya, mobil yang telah melintasi ratusan kilometer menuju kampung halaman, harus kembali dicek agar performanya tetap prima. Salah satunya adalah dengan ganti oli mesin. Bila lupa atau kelewat, mungkin akan terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan. Sebut saja mesin menjadi cepat panas, menurunya performa mesin, hingga rusaknya komponen dalam mesin.

Mengapa mobil bisa overheat ketika lupa mengganti oli mesin? Ini dikarenakan salah satu fungsi pelumas adalah mendinginkan mesin. Sehingga, setelah melewati berbagai medan dan stress hour yang tinggi, maka tingkat pelumas tersebut tidak lagi bisa diandalkan. Sebagai alternatifnya, penggantian pelumas menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

Baca juga: Takut Ketipu Pelumas Palsu? Nih, Evalube Punya Teknologi untuk Cegah Pemalsuan Pelumasnya

Selanjutnya adalah performa mesin yang menurun. Ini disebabkan pelumas baru yang masuk ke dalam ruang mesin, memiliki tingkat kekentalan yang baik untuk meningkatkan performa. Sedangkan pelumas yang telah menempuh jarak jauh, sudah pasti akan mengalami penurunan kualitas. Sehingga akan berefek pada kinerja mesin, di samping itu suara mesin juga akan menjadi kasar.

Hal yang paling ditakutkan adalah rusaknya komponen dalam mesin. Pelumas yang telah menempuh jarak jauh, tingkat kekentalannya sudah pasti menurun, dan hal ini berdampak pada gesekan antar komponen di dalam mesin. Bahkan, sering kali pelumas yang sudah lama tidak diganti, menjadi salah satu penyebab rusaknya beberapa komponen seperti piston, silinder dan beberapa komponen lainnya.

Sebelum dihantui masalah tersebut, yuk langsung lakukan perawatan mesin kendaraan dengan mulai mengganti pelumas, dan pastinya sesuai dengan viskositas yang dibutuhkan untuk kendaraan Anda!

LEAVE A REPLY