Kembali Beraktivitas Jangan Lupa Cek Kondisi Mobil

0
cek kondisi mobil

ROCKOMOTIF, Jakarta – Libur Lebaran telah usai, itu tandanya untuk kembali beraktivitas seperti biasa. Bagi Anda yang mudik menggunakan mobil, jangan lupa cek kondisi mobil Anda sebelum digunakan rutin setiap hari lagi.

Tentunya saat mudik ada ribuan kendaraan berjalan di waktu yang sama membuat beberapa lokasi menjadi simpul macet. Ditambah jarak dan waktu tempuh yang panjang, serta mobil yang diisi penuh oleh orang dan barang.

Oleh sebab itu, begitu Anda kembali pasca mudik, segera lakukan pengecekan beberapa bagian penting mobil untuk memastikan tidak ada masalah berarti. Namun sebelumnya, bersihkan mobil mulai dari luar, dalam, bagasi hingga ruang mesin agar kondisinya segar kembali.

Baca juga: Tips Merawat Mobil Kesayangan Tanpa Harus ke Bengkel

Selain itu, berikut komponen yang harus Anda inspeksi pasca mudik seperti yang dianjurkan oleh Auto2000.

Ban
Ibarat sepatu di kaki manusia, tugas ban terbilang sangat berat. Mulai dari menopang tubuh mobil, mengarahkan dan mengatur laju mobil, hingga meredam getaran yang diterima dari kondisi jalan. Pun hampir pasti mobil diberi muatan orang dan barang dalam jumlah yang besar.

Cek ulang tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Cek juga kondisi fisik ban, mulai dari telapak ban hingga dinding ban. Ukur ketebalan telapak ban dan pastikan tidak ada cacat fisik di dinding ban. Perhatikan pula kondisi pelek dan jangan lupa untuk mengecek kondisi ban serep.

Oli mesin
Oli ibarat darah bagi mesin mobil, makanya segera lakukan pengecekan takaran oli mesin via dipstick. Segera tambah jika kurang dan perhatikan apakah kondisi fisik oli tidak seperti biasanya seperti berwarna coklat, keruh atau kental. Jika volume oli mesin berkurang banyak dan terjadi perubahan fisik, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk pemeriksaan lebih dalam.

Baca juga: Mudik Naik Mobil Di Atas 10 Tahun, Wajib Perhatikan Komponen Ini

Kaki-kaki mobil
Di area kaki-kaki terdapat 4 komponen penting sekaligus yakni sistem kemudi, suspensi, rem, dan penggerak roda. Semuanya bekerja secara simultan dan mendapatkan tekanan dari gaya mengemudi dan kondisi jalan. Semakin berat untuk mobil penggerak roda depan lantaran seluruh komponen terpusat di bagian depan. Periksa jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek. Lakukan spooring dan balancing untuk membuatnya fit kembali.

Cairan mobil
Perjalanan mudik yang berat pasti menyiksa mobil, dan bagian yang terkena imbas lebih dulu biasanya cairan mobil ditandai dengan penguapan. Lakukan pengecekan air radiator, air aki basah, minyak rem, minyak kopling manual, freon AC, oli transmisi otomatis, hingga air wiper. Tambah sesuai takaran dan periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Jangan abaikan jika ada sesuatu yang mencurigakan.

“Segera lakukan pengecekan kendaraan setelah mudik Lebaran untuk memastikan mobil Anda tetap dalam kondisi prima. Agar lebih mudah dan menyeluruh, Anda bisa meminta bantuan Auto2000. Ada hadiah oli TMO gratis untuk layanan servis berkala,” terang Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000.

LEAVE A REPLY