Airbag Kebanyakan Jadi Buah Simalakama Toyota Rush

0
penjualan toyota rush
Penjualan Toyota Rush terus naik signifikan

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kasus recall mobil gara-gara airbag memang sudah cukup lama belakangan ini menjadi polemik di dunia otomotif. Bahkan sang manufaktur airbag tersebut, Takata sampai harus mengumumkan pailit karena begitu banyak airbag yang diproduksinya bermasalah.

Kalau Anda pikir hal ini sudah selesai, ternyata belum. Karena baru-baru ini Toyota kembali mengumumkan adanya recall bagi Toyota Rush generasi terbaru di Indonesia. Masalahnya pun masih seputar airbag.

Padahal Toyota Astra Motor (TAM) mengunggulkan banyaknya jumlah airbag pada Toyota Rush terbaru ini yang tidak ada di kompetitornya. Ternyata malah menjadi buah simalakama bagi pabrikan Jepang ini.

Toyota Rush di tipe tertingginya memang punya 6 buah airbag, dua di bagian depan, kemudian side & curtain airbag, untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Alih-alih bertugas melindungi pengemudi dan penumpang, ternyata bagian curtain shield airbag dapat mengembang secara tidak sengaja pada kondisi tertentu karena adanya program komputer yang tidak sesuai.

Baca juga: Toyota Supra Hadir di GIIAS 2019, Dijual Terbatas

Inilah yang membuat akhirnya TAM harus melakukan recall pada kurang lebih 60.000 pelanggan produksi antara akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019. Hal ini disampaikan oleh Hiroshi Nakata, President Director PT TAM dalam keterangan resminya. Di mana Anda bisa melihatnya juga di situs resmi Toyota Indonesia.

“Demi safety dan memberikan Peace of Mind, kami akan menginformasikan para pemilik Rush untuk mengganti ECU airbag kendaraannya,” begitu bunyi pernyataan dari Yoshihiro Nakata.

Menurut Nakata, proses penggantian ini sangat mudah dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali (gratis). Seluruh jaringan Toyota juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan penggantian ECU Airbag Rush ini.

Toyota merekomendasikan para pemilik Rush, untuk mengecek kendaraannya melalui berbagai saluran komunikasi yang disiapkan khusus demi memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

Para konsumen juga bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315.

Baca juga: Kembaran Suzuki Baleno, Toyota Glanza Meluncur di India

Selain itu, pelanggan dapat juga mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc. Dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam kampanye penggantian ECU Airbag Rush tersebut.

Dalam waktu kurang dari 48 jam, pelanggan akan dihubungi kembali untuk informasi mengenai booking time di bengkel. Pengerjaan pengecekan dan penggantian ECU Airbag Rush ini berlangsung sekitar 30 menit dan seluruh biayanya gratis.

“Kami sangat menyarankan agar pelanggan dapat segera memastikan/mengecek kendaraannya dan melakukan penggantian ECU Airbag di bengkel resmi Toyota. Ini berlaku khususnya pada Rush dengan rentang waktu produksi akhir Desember 2017 hingga awal Februari 2019,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director Toyota-Astra Motor.

LEAVE A REPLY