Rudi Meyulap Mobil VW Kodok Jadi Mobil Listrik Pertama di Indonesia

0
Vw kodok listrik

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pesona mobil Volkswagen Beetle atau yang dikenal dengan VW Kodok, memang menjadi idaman bagi setiap penggemar otomotif. Terlebih ketika mobil tersebut tampil lebih inovatif, selaras dengan program pemerintah yang tengah gencar menuju elektrifikasi.

Ada alasan penting yang disampaikan oleh Rudi Susanto Rahardjo sampai dirinya rela menghabiskan dana sebesar Rp 1 Milyar untuk project nyeliknya tersebut. Bagi Rudi, alasan paling penting adalah kelangsungan bahan bakar minyak yang menurutnya di masa depan akan mencapai batas akhir. Sehingga ia memilih untuk melakukan swap engine dari konvensional menjadi mobil listrik.

“Menurut pandangan saya sebagai penggemar mobil klasik, pada tahun 2040 mendatang, Internal Combustion Engine (ICE) sudah mengalami kepunahan. Memang sebagai pecinta mobil klasik ada keinginan untuk membiarkan mobil tersebut tetap bermesinkan part original. Tetapi untuk di masa yang akan datang, apakah bahan bakar bensin masih ada? Nah menurut saya mobil listik menjadi solusinya,” beber Rudi saat ditemui di Jakarta.

Baca juga: Mitsubishi Pamer Teknologi Mobil Listriknya di IEMS 2019

Biaya yang dihabiskan untuk menyulap mobil lansiran 1973 menjadi mobil listrik, ia membeli seperangkat alat yang disebutnya Electric Vehicle Convertion Kit melalui EV West di California, Amerika. Berdasarkan penuturannya, untuk komponen tersbeut, ia merogoh kocek sebesar Rp 240 juta. Biaya tersebut belum termasuk part yang harus dimodifikasi.

“Pada mobil ini saya juga dibantu oleh AutoLube Motorsport untuk mewujudkannya. Hal ini saya lakukan semata-mata untuk mempertahankan eksistensi mobil klasik di masa yang akan datang. Apalagi sekarang perkembangan mobil listrik di dunia mulai merambah ke Indonesia,” pungkasnya.

Untuk melakukan perubahan dan modifikasi tersebut, Rudi mengungkapkan bahwa waktu yang dihabiskan untuk membuat mobil ini siap dibawa untuk mobilitas harian, memakan waktu hingga enam bulan. Saat ini, VW Beetle tersebut menjadi kendaraan harian Rudi yang mampu menempuh jarak 150 kilometer dan bisa dibetot hingga 100 kilometer per jam. Untuk mengisi baterai, Rudi mengatakan butuh waktu 4-5 jam.

LEAVE A REPLY