Siang Ini 2 Pikap Esemka Resmi Diluncurkan

0
Esemka mobil nasional

ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Solo Manufaktur Kreasi yang merupakan  produsen otomotif merek Esemka mulai menunjukan jati dirinya. Esemka siang ini, Jumat (6/9/2019) akan meluncurkan pikap Bima 1.2 dan 1.3.

Proses peluncurannya akan dilakukan di pabriknya yang berada di Jalan Raya Demangan KM 3.5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah. Kegiatan itu juga sekaligus ajang untuk memperkenalkan fasilitas produksinya itu.

“Kita akan luncurkan Bima 1.2 dan Bima 1.3, karena tahap awal kita akan bermain di kendaraan niaga ringan dulu,” tutur Presiden Direktur Esemka Eddy Wirajaya, Kamis (5/9/2019).

Baca juga: ESEMKA Rubah Haluan dengan Produksi Mobil Pick Up

Eddy melanjutkan, untuk harga belum bisa diinformasikan, tetapi menurut dia tidak akan lebih dari Rp 150 juta. Target pasarnya juga menyasar kepada desa atau wilayah tertentu di Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

“Tahap awak menyasar ke arah itu dulu, tetapi ke depan akan banyak lagi model yang akan kita luncurkan,” tutur dia.

Manajer Produksi PT Solo Manufaktur Kreasi Dias Iskandar Saputra juga pernah mengatakan, pabrik Esemka terbagi dalam beberapa bagian.  Untuk proses produksi dan dua perakitan jenis mesin, yakni diesel dan bensin. 

Baca juga: Soal Mobil Listrik Pemerintah Minta Baterainya Diproduksi di Indonesia

“Di pabrik ini kami ada diesel line, gasoline line, monocoque line, lalu nanti yang akan datang itu ada welding dan body painting. Untuk diesel difungsikan merakit mesin diesel 1.8L, 2.5L, dan 2.7L. Untuk yang bensin itu untuk kapasitas 1.2 (liter) dan 1.3 (liter),” ucap Dias. 

Menurut Dias, dari kapasitas produksi, pabrik Esemka mampu menghasilkan 40 mobil per hari. Produksi saat ini pun dilakukan pada dua model prototipe, yakni jenis pikap 1.200 cc dan 1.300 cc. Dengan kandungan komponen lokal yang diklaim mencapai 60 persen.

LEAVE A REPLY