Hasil Evaluasi Perluasan Ganjil Genap (Gage) Selama 1 Bulan

0
perluasan ganjil genap

ROCKOMOTIF, Jakarta – Perluasan pembatasan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil genap (gage) di DKI Jakarta, sudah berjalan lebih dari satu bulan. Genap 30 hari, Pemprov melakukan kajian dan menhasilkan evaluasi.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan, dari hasil evaluasi satu bulan, berhasil terjadi penurunan polusi udara sampai dengan 20 persen. Begitu juga kecepatan kendaraan menjadi meningkat.

kawasan gage jakarta

“Kualitas udara membaik, turun 22 persen tingkat kekotorannya. Paling signifikan lagi dari segi volume kendaraan yang juga perlahan mulai menurun,” tutur Syafrin, di Jakarta Selasa (15/10/2019).

Baca juga: Mulai Hari Ini Jika Melanggar Aturan Ganjil Genap Bayar Rp 500 Ribu 

Selanjutnya, dari hasil kajian sementara, jumlah kendaaran menjadi turun hingga 29,82 persen sejak pemberlakukan perluasan ganjil genap (gage) di implementasi secara penuh.

Dampak lain yang terasa adalah dari tingkat rata-rata kecepatan yang juga ikut terkerek naik. Bila sebelumnya rata-rata kecepatan kendaraan 25 kpj, kini mencapai 28,44 kpj, bahkan pada waktu tertentu bisa 29 kpj.

“Berdasarkan hasil evaluasi kami trennya positif, nanti kita akan lakukan kajian menyuluruh di setiap koridor gage, rencananya enam bulan lagi. Kita akan lihat dampak dan hasilnya sepeti apa, lalu apakah nanti perlu ada revisi lagi atau tidak,” ungkap Syafrin.

LEAVE A REPLY