6 Langkah Mengatasi Mobil Transmisi Matik yang Terendam Banjir

0
Mobil matik banjir

ROCKOMOTIF, Jakarta – Masyarakat yang mobilnya ikut terendam banjir, harus segera mendapatkan pertolongan pertama, agar tidak terjadi kerusakan yang fatal. Paling tidak, sebelum ke bengkel bisa melakukan langkah sendiri.

Tetapi perlu diingat bahwa penanganan mobil bertransmisi manual dengan matik berbeda. Apalagi menangani mobil matik yang terendam banjir butuh perhatian ekstra.

Hermas Prabowo, Teknisi Ahli di Worner Matic yang merupakan Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis dan Mobil Matic mengungkapkan, setidaknya ada enam cara atau langkah yang harus dilakukan oleh pemilik mobil matik apabila terendam banjir.

Baca juga: Apa Hubungan Banjir dengan Water Hammer?

Simak 6 langkah yang harus dilakukan pemilik mobil matik yang terendam banjir:

1. Geser tuas perseneling ke N dengan menekan shift lock. Tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan. Makin lama terendam, potensi kerusakan makin parah.

2. Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil. Meskipun hanya sesaat atau coba-coba. Jangan pula men-jumper baterry.

3. Lepas konektor baterry di kutup negatif. Untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan.

4. Cukup sampai di poin 3 saja. Selanjutnya adalah pekerjaan bengkel atau mekanik profesional. 

Usahakan jangan mencoba untuk menangani apapun sendiri. Mobil matic sepenuhnya dikendalikan oleh sistem electric. Penanganan awal yang salah bisa membuat kerusakan meluas dan parah.

5. Segera panggil towing, dan bawa mobil matic ke bengkel yang tahu betul sistem mekanis, hidrolis, kelistrikan, dan komputer mobil matic. 

Jangan berspekulasi. Cari yang benar-benar profesional. Hindari pengerjaan di rumah, karena keterbatasan alat seperti kompresor angin, alat kelistrikan dan scan tool membuat hasil kerja tidak maksimal.

6. Dengan penanganan yang tepat dan tidak terlambat, mobil matic Anda bisa diselamatkan tanpa biaya yang besar dan kerusakan yang parah.

LEAVE A REPLY