Pasca Menerobos Banjir, Cek 7 Komponen Berikut Ini

0
mobil terobos banjir

ROCKOMOTIF, Jakarta – Meski sudah berhasil melewati banjir, bukan berarti mobil terbebas dari masalah. Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang, Erwin Surianto, pemilik kendaraan juga harus melakukan pengecekan pada tujuh komponen.

“Setelah melewati banjir sebaiknya berhati-hati, karena ada sejumlah komponen yang rentan terhadap genangan air,” buka Irwan dalam keterangannya.

Adapun tujuh komponen yang harus segera dicek antara lain adalah sektor kaki-kaki, kelistrikan sampai bagian mesin seperti pelumas. Ketujuh komponen tersebut antara lain adalah rem, radiator, ECU, Kabel dan Sikring, kaki-kaki, filter udara dan pelumas.

Baca juga: Bahaya Water Hammer Saat Melibas Banjir

“Selain dibersihkan dengan air bersih, kuras air radiator dan isi dengan yang baru agar semakin menyempurnakan proses pendinginan mesin supaya tidak overheat,” terang Irwan menjelaskan alasan pengecekan komponen radiator pasca menerjang banjir.

Sedangkan untuk sektor pelumas, Irwan, menambahkan bahwa penggantian pelumas yang telah terkontaminasi air wajib hukumnya segera diganti. Hal ini dikarenakan dapat mengurangi kinerja dari pelumas itu sendiri.

“Kalau daya lumasnya berkurang, bisa mengurangi daya gesek dari mesin sehingga terjadi keausan dini. Karena itu, lebih baik segera kuras dan mengganti pelumas baru untuk ketiga area tersebut,” tuturnya.

LEAVE A REPLY