Perpanjangan Garansi Mobil Mitsubishi, Ini Syaratnya

0
perpanjangan garansi mitsubishi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Adanya pandemi Covid-19 dan aturan PSBB yang membuat segala aktivitas yang tidak terlalu penting haruslah dihentikan. Termasuk juga kegiatan servis mobil di dealer seperti di bengkel resmi Mitsubishi.

Padahal saat ini banyak mobil Mitsubishi yang mendapat garansi mobil dan juga servis gratis yang terus berjalan. Untuk mengakomodir banyak bengkel resmi yang tutup maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan perpanjangan garansi dan juga servis gratis.

Adapun konsumen Mitsubishi yang berhak mendapat perpanjangan garansi ini jika masa garansi mereka habis saat pandemi Covid-19 ini. Dalam hal ini MMKSI menetapkan masa perpanjangan garansi ini mulai 19 Maret hingga 31 Mei 2020.

Hanya saja, ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk konsumen Mitsubishi. Seperti mobil konsumen Mitsubishi haruslah selalu melakukan servis berkala di bengkel resmi Mitsubishi.

“Ini adalah syarat yang utama ya, jadi semua mobil harus servis berkala di bengkel resmi Mitsubishi. Kita bisa cek di histori servis mobil tersebut, jadi kalau tidak memenuhi ya perpanjangan garansi ini tidak berlaku,” ujar Ronald Reagan, Head of After Sales Division PT MMKSI saat konferensi digital, Senin (11/5).

Baca juga: Garansi Mobil Mitsubishi Dapat Perpanjangan Saat Pandemi

Selain itu, konsumen yang berhak mendapat perpanjangan garansi adalah konsumen yang memang sudah memasuki masa akhir garansi di saat pandemi Covid-19 ini. Jadi bagi konsumen yang masa garansi atau free service mobilnya habis di tanggal itu, masih bisa mendapat free service atau garansi kendaraan setelah pandemi ini berakhir.

“Jadi kalau ada mobil yang sudah masuk waktu servis berkala tapi karena pandemi ini jadi tidak bisa ke bengkel. Maka kita kasih perpanjangan untuk masa servis gratisnya ini,” jelas Ronald.

Selain itu Ronald juga menambahkan kalau bagi konsumen yang mobilnya bermasalah dan ingin mengajukan klaim garansi tapi ada pandemi ini. Maka bisa dilakukan setelah situasi kembali normal.

“Jadi intinya kalau mobil konsumen habis di masa pandemi dari 19 Maret sampai 31 Mei 2020 ini maka masih bisa mendapat perpanjangan garansi untuk mobilnya ya,” tambahnya.

Biaya Home Service

Untuk layanan home service yang diberikan oleh MMKSI, menurut Ronald juga sebisa mungkin tidak ada biaya sama sekali. Selama mobil konsumen mendapat free service atau smart package. Tapi menurut Ronald juga biasanya dealer punya kebijakan biaya tambahan karena adanya biaya transportasi.

“Selama konsumen masih memiliki program free service dan smart package itu selama service di dealer maupun home service maka konsumen tidak ada biaya lain. Yang ada tambahan itu biasanya biaya untuk transport, tapi kita sudah himbau ke dealer untuk jarak sampai 10 km tidak dibebankan biaya tambahan. Tapi di atas 10 km itu kita kembalikan lagi ke pihak dealer,” ungkap Ronald.

Menurut Ronald juga kalau layanan home service dan pick up service ini sifatnya lebih ke konsumen yang membutuhkan layanan servis berkala. “Kalau ada emergency atau mobil mogok maka kita akan alihkan ke layanan emergency 24 jam.”

Sementara itu untuk masa perpanjangan garansi ini PT MMKSI belum menentukan sampai kapan berlakunya. Pasalnya pihaknya masih memonitor terus sampai kapan pandemi ini bisa selesai.

“Kita harap secepatnya semua ini selesai, sehingga saat itu baru kita bisa anounce masa perpanjangan garansi ini berakhir kapan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY