Tips Ringan Memodifikasi Mobil 4×4 dari Julian Johan

0
Modifikasi 4x4 julian johan

ROCKOMOTIF, Jakarta – Dikenal sebagai offroader, nama Julian Johan atau yang akrab disapa Jeje sudah tidak asing lagi di kalangan offroad Tanah Air.

Kali ini Jeje memberikan sedikit tips mengenai modifikasi yang harus dilakukan untuk mobil 4×4. Namun, sebelum melakukan modifikasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Jeje bisa juga dikatakan sebagai duta offroad Indonesia untuk anak-anak muda. Terlebih bagi mereka yang tengah keranjingan dengan mobil 4×4. Untuk pemula yang ingin melakukan modifikasi, Jeje, punya kiat khusus agar mobil 4×4 memiliki performa yang mumpuni.

Ketika dihubungi ROCKOMOTIF, Jeje, menjelaskan sebelum melakukan modifikasi, harus dipastikan dulu bahwa kondisi mesin mobil dalam keadaan baik. Artinya, beberapa sektor utama harus dalam kondisi yang prima.

“Jadi kalau mau modifikasi mobil 4×4 sebelum merubah atau mengupgrade kaki-kaki, harus perhatikan dulu kesehatan mesin mobil. Jangan sampai ada yang bocor olinya, jadi kondisi mesin harus diperhatikan terlebih dahulu,” beber Jeje.

Baca juga: Komunitas JB74 ID Lakukan Kopdar Pertama dengan Bermain Offroad

Setelah mesin mobil sudah sehat, Jeje juga menyarankan mengecek kondisi kaki-kaki. Pengecekan tersebut dimaksudkan agar komponen lainnya seperti tie road, atau bushing, tidak ada yang rusak.

“Pengecekan juga harus dilakukan untuk mengecek tie road, bushing, agar tidak ada yang rusak,” tambah Jeje.

Setelah kondisi mobil sudah baik, maka penggantian atau modifikasi shockbreaker bisa menjadi alternatif untuk menikmati medan offroad. Dalam hal ini, modifikasi yang dilakukan tidak hanya sebatas penggantian suspensi, tetapi ban juga harus ikut diganti.

“Habis itu kalau memang mobil sudah sehat, suspensi harus ganti. Menyesuaikan dengan kondisi medan, dan ban juga harus diganti dengan yang MT untuk yang medan offroad terus,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY