Jangan Buang Sampah Anda, Bisa Ditukar Sama Oli Gratis

0
tukar sampah dengan oli gratis

ROCKOMOTIF, Gresik – Biasanya yang namanya sampah tidak ada yang mau lama-lama ditimbun di rumah. Tapi kali ini jangan sia-siakan sampah Anda, karena bisa ditukar sama oli gratis.

Kampanye ini merupakan inisiatif dari PT Pertamina Lubricants yang meluncurkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang lingkungan. Yakni “Tukar Oli Dengan Sampah” melalui salah satu pabriknya Production Unit Gresik (PUJ). Peluncuran kampanye ini dilakukan di Kedai Kopi Sampah, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik pada Kamis (27/08) lalu.

Tukar Oli Dengan Sampah adalah program CSR terkait kepedulian lingkungan yang mengajak masyarakat untuk menukar sampah kering. Baik dari kardus bekas, kertas bekas, kaleng kosong, dan botol plastik dengan berat tertentu menjadi poin yang nantinya dapat ditukar dengan Pelumas Pertamina.

Baca juga: BBM D-100 Sudah Diuji Pertamina dan Diklaim Lebih Baik dari Dexlite

“Kami terus berkomitmen menjaga lingkungan di mana kami beroperasi termasuk pengendalian sampah. Dengan sinergi dan pembinaan perusahaan bersama Karang Taruna RW 07 Kelurahan Sidokumpul dan Kedai Kopi Sampah, kami berharap dengan adanya program Tukar Oli dengan Sampah ini, masyarakat bisa lebih termotivasi untuk menjaga dan mencintai lingkungan dengan membantu mengendalikan sampah disekitar mereka,” Ungkap Ifan Sri Widodo, SpV HSSE Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants, SpV HSSE Production Unit Gresik PT Pertamina Lubricants.

Untuk 1 kg sampah kering akan dikonversi menjadi 1 poin. Poin terendah yang dapat ditukar yakni 15 poin untuk 1 oli Enduro Gear. Sedangkan masyarakat harus mengumpulkan 34 poin untuk penukaran dengan Enduro Matic G 0.8 L, 40 poin untuk Enduro Matic 0.8 L, 37 poin untuk Enduro 4T 0.8L dan 49 poin untuk Enduro Racing dan 71 poin untuk Pelumas mobil yakni Fastron Techno 1L.

Baca juga: Pernah Isi Oli Diesel di Motor Matic? Ini Bahayanya Bagi Mesin Motor

“Masyarakat tidak perlu membawa banyak sampah sekaligus, karena pengumpulan poin akan berbasis digital melalui aplikasi di Kedai Kopi Sampah. Nanti setiap orang akan otomatis mendapatkan user id, sehingga memberikan kemudahan menabung sampah. Tujuan utama adalah untuk mengedukasi masyarakat untuk mengendalikan sampah dan mengurangi timbunan sampah ke TPS melalui penabungan sampah hingga penukaran menjadi Pelumas,” Ungkap Imam Wahyu selaku Ketua Karang Taruna RW 07 Kelurahan Sidokumpul.

PT Pertamina Lubricants terus mendukung segala pelaksanaan kegiatan yang positif di lingkungan sekitar perusahaan, termasuk pengendalian sampah oleh Kedai Kopi Sampah.

Hasil sampah kering yang dikumpulkan oleh Kedai Kopi Sampah selanjutnya dikelola menjadi kerajinan lampion oleh Karang Taruna Jagal Bangkit RW 7 Sidokumpul.

LEAVE A REPLY