Mitsubishi Outlander PHEV Jadi Mobil Siaga PMI di Merapi

0
outlander phev pmi merapi

ROCKOMOTIF, Boyolali – Mobil plug-in hybrid Mitsubishi yaitu Outlander PHEV kembali memberikan kontribusinya bagi korban bencana alam. Kali ini, mobil ramah lingkungan ini membantu tim Palang Merah Indonesia (PMI) untuk bersiaga di area terdampak erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah.

Sejak 14 November 2020, satu unit mobil Outlander PHEV disiagakan di pos pengungsian Merapi, Desa Lencoh, Kabupaten Boyolali. Selama berada di Boyolali, petugas telah beberapa kali memanfaatkan sumber listrik dari Outlander PHEV. Termasuk untuk menyalakan lampu dan beberapa peralatan listrik di posko tersebut lantaran kondisi di lapangan seringkali mengalami pemadaman listrik.

“Kami sangat mengapresiasi langkah PMI yang mempercayai model PHEV kami untuk mendukung kegiatan di area terdampak. Dan memberikan kesempatan model tersebut untuk berkontribusi dan membuktikan kemampuan yang dimilikinya di area yang ekstrem,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam keterangan resminya.

MMKSI berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia di bidang kemanusiaan sejak 11 Desember 2019. Melalui penyediaan satu unit Outlander PHEV untuk kegiatan tanggap bencana dan berbagai kegiatan kemanusiaan lainnya.

Kerja sama ini didasari oleh kemampuan Outlander PHEV yang dapat digunakan pada medan ekstrem. Didukung dengan teknologi SUV dan sistem penggerak empat roda (4WD), dan tentunya kemampuan discharging. Untuk menyalurkan tenaga listrik cadangan hingga 1.500 Watt saat dibutuhkan, terutama dalam kondisi darurat.

Baca juga: Mitsubishi Outlander PHEV Dipasarkan di Filipina

“Mitsubishi Outlander PHEV masih akan berada di Boyolali hingga awal Desember, atau bisa lebih lama jika kondisi darurat terjadi. Mobil ini digunakan sebagai salah satu unit tanggap darurat di beberapa posko evakuasi karena mobilitasnya. Juga karena kemampuan discharging atau menyalurkan daya listrik. Jika di lokasi (pengungsian atau posko) pasokan listrik mengalami gangguan atau terputus akibat terdampak bencana erupsi Gunung Merapi, mobil elektrik yang kami kerahkan ini akan membantu memasok listrik,” ungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI, Sudirman Said.

Selama pandemi Covid-19, Outlander PHEV telah membantu PMI untuk melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan. Di antaranya sebagai unit pendukung penyemprotan disinfektan dan pendukung training tanggap bencana anggota TNI di Markas PMI. Serta unit penyaluran bantuan untuk tenaga medis, dan yang terakhir sebagai pendukung tanggap darurat di area terdampak erupsi Gunung Merapi, Jawa Tengah.

“Kami harap Outlander PHEV dapat selalu memberikan bantuan untuk setiap aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI dan seluruh anggota PMI yang bertugas, dan masyarakat yang terdampak selalu dalam kondisi yang aman dan sehat,” tutup Nakamura.

LEAVE A REPLY