5 Mobil Reli Paling Modern di Indonesia

0
5 mobil reli modern

ROCKOMOTIF, Jakarta – Ajang kejuaraan reli di Indonesia terus mengalami perkembangan. Selain dari bertambahnya sirkuit yang digunakan, untuk mobil reli yang dipakai para pereli Indonesia pun juga semakin variatif.

Tidak tanggung-tanggung, di mana setiap unit yang dipakai sudah mendapat sertifikasi keselamatan dari FIA (Fédération Internationale de l’Automobile) yang merupakan badan tertinggi induk motorsport dunia.

Kelima mobil reli yang digunakan ini, tidak hanya didominasi oleh satu merk saja, tetapi juga dari beberapa merk seperti Citroen, Mazda, Mitsubishi dan Toyota.

Penasaran dengan mobil-mobil tersebut? Simak dalam penjelasannya berikut ini:

1. Citroen R5

Mobil lansiran Prancis ini memang sudah sangat dikenal dalam ajang reli dunia. Bahkan, pereli dunia seperti Sebastian Loeb pernah mengemudikan mobil ini di ajang World Rally Championship (WRC).

Di Indonesia sendiri, keberadaan Citroen R5 menjadi salah satu hal yang menarik. Hal ini dikarenakan, mobil milik Sean Gelael tersebut memiliki spesifikasi kelas WRC2 di mana berada satu tingkat di bawah WRC.

Saking modernya, mobil ini dikerjakan dan diproduksi langsung di Citroen, Prancis. Mengenai spesifikasinya, Citroen R5 ini dibekali dengan mesin 1.6 liter direct injection serta didukung turbocharger dengan besaran tenaga sebesar 282 hp dan torsi maksimal 420 Nm.

Baca juga: Pakai Mitsubishi Xpander AP4, Rifat Sungkar Juara 1 Kejurnas Sprint Rally 2021

2. Mazda2 AP4

Mobil reli modern kedua yang ada di Indonesia adalah Mazda2 AP4 milih Haji Rihan Variza, pereli asal Kalimantan. Dalam eksistensinya, Mazda2 AP4 ini pertama kali diturunkan pada ajang Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2018 di Medan, Sumatera Utara.

Mobil yang dibangun di Selandia Baru ini, konon menghabiskan dana lebih dari Rp 2 miliar. Segala komponen, baik eksterior, interior, mesin dan kaki-kaki, dibuat sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh FIA.

3. Mitsubishi Xpander AP4

Mobil selanjutnya yang tidak kalah keren adalah Mitsubishi Xpander AP4, milik Rifat Sungkar. Mobil reli yang mengambil basis dari Multi Purpose Vehicle (MPV) ini meruoakan barang baru di dunia reli. Hal ini dikarenakan, belum ada MPV yang berhasil disulap untuk menjadi mobil reli. Dalam pengembangannya, Rifat, mempercayai pekerjaan tersebut ke bengkel yang terletak di Selandia Baru selama kurang lebih satu tahun lebih.

4. Yaris Proto

Mobil yang satu ini tidak kalah hebat dengan beberapa mobil lainnya yang sudah ada. Toyota Yaris Proto yang baru sampai di Indonesia beberapa hari lalu, diketahui akan menjadi andalan dari bengkel Riverside Rally yang dikomandoi oleh Loqy Siregar.

Toyota Yaris Proto ini dibangun langsung di Polandia. Belum diketahui mengenai mesin apa yang akan digunakan untuk model ini. Pasalnya, saat tiba di Indonesia, Toyota Yaris Proto hanya datang berupa bentuk kosong, belum ada mesin, interior (kecuali roll bar) dan kaki-kaki.

5. Toyota GR Yaris

Last but not least, ini adalah mobil reli yang paling ditunggu-tunggu di Indonesia. Mobil milik pereli asal Balikpapan, Kalimantan Timur, Ryan Nirwan, baru akan tiba di Indonesia pada akhir tahun 2021.

Saat ini, mobil tersebut masih dikerjakan dan dipersiapkan oleh bengkel di Selandia Baru. Dalam keterangannya, Ryan, masih belum bersedia memberikan rincian terkait spesifikasi dari Toyota GR Yaris tersebut.

LEAVE A REPLY