Motor Listrik BL-SEV01 Tuntaskan Touring 1.340 kilometer

0
Motor listrik BL-SEV01 tuntaskan touring 1.340 kilometer
Motor listrik BL-SEV01 tuntaskan touring 1.340 kilometer

ROCKOMOTIF, Jakarta – Motor listrik BL-SEV01 buatan mahasiswa Universitas Budi Luhur berhasil tuntaskan touring Jakarta – Mandalika – Jakarta dengan hasil yang memuaskan. Selama 17 hari perjalanan dan menempuh jarak 1.340 kilometer, rangkaian touring ini sukses dijalani tanpa ada masalah yang berarti.

Setelah menempuh perjalanan yang luar biasa ini, Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono S.T, M.T, menjelaskan melalui rangkaian touring motor listrik BL-SEV01 bukan hanya sekedar ajang pembuktian ketahanan, tetapi ada misi lain yang ingin dicapai oleh civitas terkait motor listrik kebanggaan mereka.

“Perjalanan touring Jakarta – Mandalika – Jakarta kali ini bukan hanya sekedar ajang pembuktian bagi BL-SEV01 sebagai sebuah kendaraan listrik buatan dalam negeri yang tangguh, tetapi kami juga membutuhkan data-data, informasi, serta pengalaman yang benar-benar bisa didapatkan dari lapangan secara langsung,” jelas Sujono, dalam keterangan resminya.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh motor listrik BL-SEV01 ini adalah perihal overheat pada sektor baterai. Meski demikian, Sujono, menjelaskan hal tersebut bisa langsung ditangani dengan baik oleh tim mekanik yang mendampingi para rombongan ini.

“Kendala yang kita alami saat berada di daerah Tegal, Jawa Tengah. Motor sempat mengalami kenaiakan temperatur, yang sempat membuat kami ragu untuk melanjutkan perjalanan ke Mandalika. Tapi akhirnya kita berdiskusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menambah ekstra fan untuk membantu menurunkan suhu panasnya,” jelas Sujono.

Untuk menempuh medan baru dengan jarak ribuan kilometer, motor listrik BL-SEV01 ini dibekali dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga sebesar 21,4 hp dengan dukungan baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Dalam sekali pengisian baterai sampai full, motor ini dapat menempuh jarak hingga 140 kilometer.

“Saya ucapkan selamat atas pencapaian yang sudah ada hingga saat ini bersama BL-SEV01. Tentu saja pencapaian ini tidak akan membuat kami, seluruh civitas Universitas Budi Luhur, berdiam diri dan siap untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik yang lebih baik lagi dari segala aspek. Dukungan akan terus kami berikan kepada pihak-pihak yang siap untuk menghadirkan riset-riset ilmiah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa, dan bangsa,” tambah Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Anggoro MBA, dalam keterangan resminya.

LEAVE A REPLY