Hino Resmikan Fasilitas Pusat Latihan Keselamatan Berkendara di Purwakarta

0
Hino Total Support Training Center Diresmikan untuk Tekan Kecelakaan
Hino Total Support Training Center Diresmikan untuk Tekan Kecelakaan

ROCKOMOTIF, Purwakarta – Komitmen PT Hino Motor Sales Indonesia untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, diwujudkan melalui peresmian fasilitas baru untuk menunjang keselamatan berkendara melalui fasilitas Hino Total Support Training Center.

Terletak di Purwakarta, Jawa Barat, fasilitas ini dilengkapi dengan beberapa sarana dan prasarana pendukung seperti Hino Total Support Customer Center (HTSCC), Lembaga Sertifikasi Profesi – Lembaga Pelatihan Kerja Hino (LSP – LPKH), dan Hino Telematics Safety Driving Competition (HTSDC).

Dalam peresmiannya yang dilakukan di Purwakarta, Jawa Barat, pada Kamis (27/02/2022), Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia, Masato Uchida, menjelaskan adanya fasilitas ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada pengemudi yang lebih tertib di jalan dan memahami seluruh aspek keselamatan.

“Kami membangun Hino Total Support Training Center sebagai pusat pelatihan pengemudi untuk membantu kelancaran transportasi yang aman dan ekonomis melalui pengemudi yang handal dan tertib berlalu lintas. Fasilitas ini dapat digunakam customer setia Hino untuk terus meningkatkan keterampilan berkendara para pengemudinya,” jelas Masato Uchida.

HTSCC Dibangun di atas lahan seluas 24.000 meter persegi, dan Hino merupakan satu – satunya brand kendaraan komersial di Indonesia yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi pelangganya.

HTSCC digunakan untuk pelatihan berkendara truk dan bus yang aman, seperti teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik, mengemudi yang ekonomis, pemeriksaan harian, teknik blind spot, serta setiap pelatihan akan dipandu juga oleh video learning yang diberikan oleh Hino Motors Limited Japan.

Selain pelatihan secara praktek, diberikan juga pelatihan secara teori seperti update informasi teknologi kendaraan Hino, karakteristik kendaraan dan manusia, serta basic english conversation.

Tak hanya bangunan dengan berbagai sarana yang lengkap, HTSCC juga dibekali dengan para instruktur yang handal, terlatih dan tersertifikasi. Karena Hino saat ini memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau disebut LSP – LPK PT Hino Motors Sales Indonesia

LSP-LPK HMSI memiliki tujuan untuk menjadi lembaga sertifikasi yang mengedepankan mutu dalam penyelenggaraan sertifikasi dan diakui secara nasional maupun internasional. Karena LSP LPK PT Hino Motors Sales Indonesia terus berkomitmen untuk menciptakan Sumber Daya Manusia di Indonesia yang lebih kompeten melalui sertifikasi profesi bidang tranportasi barang dan orang.

“Kami ingin melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara dari fasilitas ini, menyempurnakan apa yang sudah kami lakukan di bidang safety driving sejauh ini bersama pemerintah sehingga keselamatan berkendara menjadi sebuah budaya bangsa,” tambah Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI di sela-sela peresmiannya.

Dari fasilitas tersebut, beberapa teknik yang diberikan kepada pengemudi kendaraan Hino di antaranya basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

LEAVE A REPLY