Mercedes-Benz Latih Paspampres Guard Driver Training 2017

0
MErcedes-Benz Latih Paspampres
MErcedes-Benz Latih Paspampres

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mercedes-Benz berikan pelatihan Guard Driver Training 2017 kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dalam hal ini Detasemen Peralatan Paspampres pada tanggal 26-28 September 2017.

Karena Jajaran staf kepresidenan Republik Indonesia telah menggunakan Mercedes-Benz sebagai kendaraan operasional sehari-hari. Selain juga digunakan sebagai kendaraan resmi dalam berbagai kegiatan Kepresidenan yang melibatkan Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Mercedes-Benz telah digunakan sebagai kendaraan resmi Kepresidenan sejak Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno, hingga Presiden Republik Indonesia saat ini Joko Widodo.

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih seluruh anggota Paspampres yang terlibat langsung dengan operasional kendaraan Kepresidenan. Agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengoperasikan mobil-mobil Mercedes-Benz sebagai kendaraan resmi Kepresidenan.

Bertempat di area JI Expo, Kemayoran, Jakarta, menggunakan 5 unit kendaraan Mercedes-Benz terbaru dari tipe mobil E 250, E 300, S 400 L, GLE 250 d dan GLE 400.

MErcedes-Benz Latih Paspampres
Mercedes-Benz Latih Paspampres

Dua Sesi Latihan

Pelatihan tiga hari ini terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi pengenalan teori dan sesi praktek mengemudi di lapangan. Adapun sesi teori dilakukan di dalam tenda pasukan Paspampres dan dipimpin langsung oleh Matthias Kleinmichel, Chief Instructor, Mercedes-Benz Guard Driver Training.

Para pasukan Paspampres dibekali pengetahuan dasar tentang sejarah kendaraan-kendaraan Mercedes-Benz yang telah digunakan sebagai kendaraan resmi pengamanan Presiden. Dan juga pengetahuan tentang detail spesifikasi dan teknologi terbaru dari masing-masing tipe mobil yang digunakan.

Sedangkan sesi praktik mengemudi di lapangan terbagi menjadi beberapa sesi. Di antaranya emergency braking, emergency braking and swerving manoeuvre, lane change dan handling parcours.

Keempat sesi tersebut merupakan standar dari pelatihan Mercedes-Benz Guard Driver Training. Dan para pasukan Paspampres melahap semua sesi tersebut dengan baik. Serta dapat merasakan pengalaman langsung dengan situasi yang dibuat sedemikian rupa sama sengan situasi yang akan mereka hadapi di lapangan.

“Tujuan dari diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengemudi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang VVIP yang dibawanya. Selain itu kami juga melatih para pengemudi untuk dapat mengatasi situasi berbahaya untuk menghindari situasi yang lebih kritis,” tutur Matthias.

 

LEAVE A REPLY