Ini Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Pecah Kaca Mobil

0
tips terhindar dari pencurian pecah kaca
Modus pencurian dengan memecahkan kaca mobil foto/Youtube)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sekarang ini kejahatan semakin beragam modusnya. Tapi untuk modus pencurian yang satu ini memang sudah sejak lama beraksi. Bahkan beberapa kawan Rockomotif pun pernah mengalami kejadian naas ini.

Modus pencurian barang di dalam mobil dengan memecahkan kaca mobil memang mengintai di mana saja. Terutama jika Anda parkir di pinggir jalan yang sepi.

Lebih baik saat parkir Anda tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil. Karena seperti kata Bang Napi, tidak ada kejahatan jika tidak ada kesempatan.

Jika tidak ada barang berjarga maka kesempatan maling mampir di mobil tidak akan terjadi. Teknik para pencuri ini pun bisa dilakukan dengan cepat.

Baca Juga: Jangan Lupa Periksa Kondisi Ban Sebelum Berkendara

Untuk mencegah kejahatan itu, Unit III Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Agung Wibowo‎ di Mapolda Metro Jaya menyarankan cara aman saat mobil di tinggal parkir. Menurutnya seperti dilansir dari laman NTMC Polri, disarankan agar pemilik mobil untuk tidak menutup kaca secara penuh saat parkir.

Katanya tindakan ini akan mengantisipasi terjadi tindak kejahatan pencurian yang tidak diinginkan. Loh kok bisa ya?

“Tipsnya, kalau sedang parkir pada siang hari kaca mobil harus dibuka paling tidak 1 sentimeter, agar ada sirkulasi udara. Kalau ada sirkulasi udara, para pelaku tidak bisa memecahkan kaca dengan pecahan busi,” ujar Kompol Agung.

Begini Caranya Pecah Kaca

Para pelaku kejahatan model ini biasanya menggunkan bermacam-macam benda keras untuk memecah kaca mobil. Cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan serbuk busi mobil atau motor.

Bisa juga memecah dengan cara mendorong atau menekan helm ke kaca mobil. Meski tidak menimbulkan suara, namun jika mobilnya menggunakan kaca film yang bagus biasanya tetap sulit dibuka.

Itu sebabnya lebih banyak pelaku yang melakukan aksinya dengan serbuk busi dari pecahan busi motor yang kemudian diberikan air liur agar pecahan itu dalam kondisi dingin.

Baca Juga: Tips Merawat Mobil Saat Kondisi Cuaca Tak Bersahabat

Bila dingin dan terkena kaca kendaraan yang panas dan bertekanan tinggi, maka kaca langsung retak. Kaca yang retak akan dengan mudah didorong tangan pelaku. kemudian pelaku dengan leluasa mengangkat barang berharga yang ditinggal pelaku di dalam mobil.

Fungsi dari dibukanya sedikit kaca mobil itu agar kaca tidak terlalu panas karena ada sirkulasi udara dalam kabin. Biar aman, bisa pasang talang air di setiap pintu. Fungsinya supaya kaca terbuka sedikit itu tidak terlihat dari luar.

Ayo dicoba nih tipsnya. Tapi lebih aman sih ya jangan ninggalin barang berharga di dalam mobil ya. Mending ninggalin masa lalu aja!

LEAVE A REPLY