Suzuki Nex II Punya Fitur Apa Buat Lawan Sang Penguasa, Honda Beat?

0
suzuki nex ii
Suzuki Nex II dibekali berbagai fitur canggih untuk melawan Honda Beat

ROCKOMOTIF, Jakarta – Suzuki tidak main-main dengan kehadiran skutik 110cc baru, Nex II. Tampaknya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berusaha untuk menghadirkan produk yang kompetitif baik dari segi fitur dan juga harga.

Setelah cukup sukses dengan motor sport GSX terbaru, kini SIS mulai fokus di segmen motor sejuta umat, skutik. Yang dipilih pun skutik 110cc dengan pasar terbesar di Tanah Air.

Lawannya pun otomatis tinggal Honda Beat saja, karena pabrikan Garpu Tala sudah tidak lagi memiliki skutik di segmen 110cc. Lalu punya apa Suzuki untuk menghajar dominasi Honda Beat yang sudah tak terkalahkan selama bertahun-tahun?

Harga? Untuk yang satu ini masih belum dirilis secara resmi. Kata Yohan Yahya, Head of Sales anda Marketing 2W PT SIS, pengumuman harga resmi nanti di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ). “Nanti di PRJ baru kita rilis harganya, sekarang penjelasan mengenai detil spesifikasi dulu,” tuturnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/5).

Lalu dari segi desain, memang jika dilihat sekilas tampilannya masih terliaht sama dengan generasi pertamanya. Tapi menurut Techical Trainer 2W PT SIS, Harsoyo, rival Honda Beat ini punya ubahan signifikan.

Baca Juga: Suzuki Bandit 150 Pasti Mengaspal Di Indonesia Semester Kedua 2018

Di mulai dari dimensi yang lebih panjang dari 1.850 milimeter jadi 1.890 mm. Lebar juga begitu. Jika sebelumnya 665 mm kini 675 mm. Sementara tinggi menjadi 1.045 mm.

“Wheelbase juga lebih panjang dari as roda depan ke roda belakang 1.260 mm, jadi kalau ada yang bilang rangkanya sama itu salah, karena dari ukuran wheelbase saja beda,” ujarnya di tempat yang sama.

Harsoyo juga menambahkan jika ground clearance Nex II ini lebih tinggi yaitu 150 mm. Sebelumnya hanya 135 mm.

Cocok Untuk Ojek Online

Desain dan rangka baru Nex II pun berdampak kepada floorboard. Panjang bagian tengah floorboard meningkat dari 125 mm menjadi 168 mm dan panjang di bagian ujungnya menjadi 535 mm dari 398 mm.

Tentu saja ini membuat legroom menjadi lebih besar dan membuat pengendara menjadi lebih nyaman. Cocok buat ojek online yang butuh legroom lega.

Skutik irit ini dibekali Suzuki dengan mesin SEP (Suzuki Eco Performace) 1-silinder SOHC 4-stroke bertenaga 9 hp pada 8.000 rpm dan bertorsi 8,5 Nm pada 6.000 rpm.

Untuk kaki-kaki, Suzuki mengklaim pihaknya menghadirkan pelek dan ban terbaru untuk Nex II. Kata Harsoyo, ukuran ban lebih besar dari sebelumnya, demikian juga pelek yang berubah, termasuk kaliper rem lebih besar.

Rem cakram depan dengan diameter lebih besar 2 mm menjadi 34 mm dari Suzuki Nex generasi sebelumnya. Lampu depan sudah LED di semua varian. Untuk keamanan tersedia shuttered key lock system agar motor tidak dicuri oleh maling.

Dengan kapasitas tangki 3,6 liter skutik ini diklaim mampu menempuh jarak 176,4 kilometer. Skutik racikan lokal ini juga sudah dibekali USB charger dengan tegangan 12 volt. Dan tidak perlu memakai converter kit, jadi bisa langsung colok.

Dengan begitu, bisa pakai USB charger ini untuk smartphone, terutama bagi ojek online yang mengandalkan fitur ini.

LEAVE A REPLY