Toyota Yaris Pukul Balik Honda Jazz, Fortuner Malah Dihajar Pajero Sport

0
Toyota Yaris Joker
Yaris Joker sudah berlaga di ajang balap dan mampu memberikan pukulan balik bagi Honda Jazz

ROCKOMOTIF, Jakarta – Dari data Gaikindo di bulan April ini ada yang menarik datang dari dua segmen mobil yang berbeda. Satu dari segmen hatchback dan satu lagi dari SUV.

Di segmen hatchback, Toyota yang telah meluncurkan Yaris baru berwajah Joker ini berhasil memukul balik Honda Jazz. Keduanya memang bersaing ketat di segmen ini. Prediksi kami memang Yaris Joker ini bisa meredam keangkuhan dari Honda Jazz ternyata terbukti.

Yaris Joker ini berhasil meraih penjualan wholesales sebanyak 1.484 unit selama bulan April. Sementara Honda Jazz hanya selisih sedikit dengan 1.400 unit.

Namun yang menarik Honda mengklaim masih menjadi raja di segmen hatchback ini. Memang jika ditotal dari awal tahun, Honda Jazz masih unggul dengan total penjualan sebanyak 4.176 unit dibanding Yaris yang hanya 3.901 unit.

Baca Juga: All New Ertiga Belum Bisa Sikut Mobilio, Apalagi Avanza Sama Xpander

Tapi di bulan Januari, pengiriman Yaris ke diler memang ditahan sebelum si Yaris Joker ini diluncurkan secara resmi. Jadi ya Toyota hanya mengirim 21 unit saja, itu pun sisa-sisa stok Yaris yang sebelumnya.

Pajero Sport beraksi menghajar penjualan Fortuner

Fortuner Kena Jab Pajero Sport

Toyota boleh jumawa di segmen hatchback, tapi lain cerita di segmen SUV apalagi di segmen mobil sejuta umatnya. Kalau yang itu sudah kami bahas, tapi di segmen SUV belum.

Ternyata hasil penjualan wholesales Fortuner kalah telak nih dari Pajero Sport. Ibaratnya Fortuner kena jab dari Pajero Sport karena hanya terjual sebanyak 1.292 unit saja, sedangkan Pajero Sport mencapai 1.735 unit.

Sepertinya strategi Mitsubishi berhasil dengan menghadirkan Pajero Sport Limited Edition saat di IIMS kemarin. Tapi jika di total dari awal tahun pun, penjualan Pajero Sport tetap lebih unggul dari Fortuner.

Kehadiran Pajero Sport Rockford Fosgate ini mampu memberikan pukulan untuk Fortuner

Baca Juga: Begitu Banyak Model Nissan Tapi Bisa Kalah Sama Dua Produk Wuling

Keunggulan Pajero Sport ini bahkan selisih cukup jauh mencapai nyaris seribu unit. Jika Fortuner hanya terjual 6.383 unit saja, Pajero Sport berhasil terjual 7.353 unit.

Tapi jika dikumpulkan segmen SUV ini secara lebih general, Pajero Sport dan Fortuner tidak ada apa-apanya dibanding Honda CR-V. SUV yang di awal kehadirannya sudah langsung kena recall ini berhasil terjual sebanyak 2.076 unit.

Kira-kira kalau Nissan menghadirkan Terra ke Indonesia akan ada dampaknya tidak ya buat Toyota dan Mitsubishi? Kalau kami bilang sih enggak. Bagaimana menurut Anda?

LEAVE A REPLY