Sudah Aktivasi Auto Lock Di Mitsubishi Xpander? Kenali Bahayanya

0
aktivasi auto lock xpander
Aktivasi auto lock di Mitsubishi Xpander (foto/Youtube B-Channel)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mobil sejuta umat, Mitsubishi Xpander tampaknya masih jadi fenomena di dunia otomotif Tanah Air. Selain sudah bisa menghajar Avanza dengan menjadi mobil terlaris sejak empat bulan terakhir ini, tapi Xpander juga masih menumpuk inden berbulan-bulan.

Tapi bagi mereka yang sudah mendapatkan unit Xpander di rumah, ada saja yang tidak puas dengan fitur standar yang diberikan. Contohnya seperti absennya fitur auto lock by speed, yang artinya pintu mobil akan mengunci saat mobil berjalan di kecepatan 20 km/jam.

Sudah banyak juga pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini dengan menawarkan aktivasi auto lock ini sendiri. Tentunya tanpa melibatkan produsen Xpander yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Baca juga: Efek Xpander Dahsyat, Bisa Bikin Bisnis Mobil Bekas Astra Rugi Besar

Pihak MMKSI sendiri pun tidak bisa menampik maraknya hal ini, tapi mereka juga tidak bisa melarang konsumen melakukan apapun terhadap mobil mereka. Soalnya lumayan untuk aktivasi satu mobil itu ongkosnya saja berkisar Rp 250 ribu sampai 300 ribu.

“Ya mau bagaimana, kan kita tidak bisa melarang konsumen. Mobil-mobil mereka, ya suka-suka mereka,” ujar Yan Anthony Field PC Quality Support Section Sales & Marketing Division. saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

Yan menuturkan juga jika software yang digunakan oleh para penyedia jasa auto lock itu adalah bajakan. Sehingga tidak bisa dijamin keberhasilannya.

“Mereka menggunakan software bajakan yang pakai teknik nge-hack gitu. Jadi belum tentu berhasil juga, kadang ada yang berhasil ada juga yang gagal.” tambahnya.

Alasan Keamanan

Absennya fitur ini menurut Yan memang salah satu strategi marketing, yang berarti bisa suatu saat diaktifkan oleh MMKSI. Tergantung situasi dan kondisi pasar itu sendiri.

Tapi yang jadi perhatian utama adalah alasan keamanan. Menurut Yan, jika Anda nekat mengaktivasi sendiri fitur auto lock ini akan ada bahaya yang mengintai.

“Kita kan punya standar keselamatan di Xpander, jadi pintu pengemudi itu harus bisa dibuka hanya dengan membuka tuas pintunya saja meski dalam keadaan terkunci. Tapi kalau sudah aktivasi auto lock ini ada yang jadi tidak bisa terbuka,” jelas Yan.

Nah fitur ini yang bahaya, karena menurut Yan fitur ini demi keselamatan pengemudi itu sendiri. “Kalau mobil kecelakaan dan terbalik, bagaimana pengemudi bisa keluar kalau pintunya masih terkunci. Sementara tuas pintu itu jadi penyelamat saat tombol pembuka pintu rusak. Resikonya pengemudi tidak bisa keluar dari mobil, bahaya kan?”

Memang menurut Yan ada yang berhasil tapi ada juga yang tidak berhasil saat mengaktivasi auto lock ini. Berhasil maksudnya pintu pengemudi masih bisa dibuka hanya dengan tuasnya saja ya.

Mitsubishi Xpander untuk pasar ekspor sudah dilengkapi dengan fitur cruise control

Sekarang ditambah lagi dengan aktivasi fitur cruise control di Xpander. Memang pada Xpander versi ekspor, fitur cruise control ini tersedia.

Tapi menurut Yan, tidak mudah mengaktivasi cruise control sendiri. “Kalau cruise control yang ada di Pajero Sport itu mekanismenya mengunci voltase kelistrikan di ECU yang mengontrol kecepatan mobil. Tapi kalau yang aktivasi sendiri ini, kita sudah cek seakan hanya menahan pedal gas saja, jadi bukan voltasenya yang dikunci. Ini bisa membahayakan juga ya,” jelas Yan lagi.

Jadi bagi para pengguna Xpander di luar sana, tidak ada yang bisa melarang Anda melakukan modifikasi sendiri. Tapi saat ada musibah akibat dari modifikasi tersebut jangan menyalahkan mobilnya ya.

Lebih baik dicek lagi fungsi-fungsinya, karena mobil sekarang ini sudah sangat bergantung pada sistem elektronik.

LEAVE A REPLY